6 Wisata Alam Malang Paling Eksotis, Cocok untuk Healing!
Destinations

6 Wisata Alam Malang Paling Eksotis, Cocok untuk Healing!

Daerah Malang Raya yang dikelilingi oleh pantai, bukit, gunung, sawah, telaga, dan juga perkebunan membuat wisata alam Malang disukai dan diminati oleh para pelancong. Panoramanya yang indah membuat siapa pun ingin mengunjunginya.

Tidak hanya dikenal sebagai kota apel atau kota pendidikan, tetapi juga kota yang diberkahi dengan destinasi wisata alam yang menakjubkan. Jangan heran apabila setiap waktu liburan tiba, Malang Raya selalu ramai dan padat.

Perlu Anda ketahui, Malang Raya adalah wilayah yang mencakup Kota Malang, Kabupaten Malang, dan juga Kota Batu. Namun, masyarakat setempat biasanya menyebut “Malang” saja. Tiga wilayah tersebutlah yang menjadi incaran para wisatawan.

Apabila Anda memiliki rencana untuk liburan ke Malang, ada baiknya mempersiapkan daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Berikut ini Trivenly telah merangkum beberapa wisata alam di Malang yang paling eksotis dan cocok untuk melepaskan penat.

Baca juga:

Dibuai Keindahan Wisata Alam Malang

1. Air Terjun Tumpak Sewu: Wisata Alam Malang yang Mirip Niagara

Wisata Alam Malang_Air Terjun Tumpak Sewu

Disebut-sebut sebagai Air Terjun Niagara-nya Indonesia, Air Terjun Tumpak Sewu mempunyai pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan dengan latar belakang Gunung Semeru juga Gunung Bromo.

Terletak di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Tumpak Sewu menjadi salah satu wisata alam terindah di Malang yang berhasil menarik perhatian banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ciri khas utama dari air terjun ini ialah memiliki banyak sumber mata air yang mengalir di tebing batu dan membentuk formasi melebar hampir setengah lingkaran dan menyerupai tirai.

Jumlah sumber mata airnya yang banyak itulah yang membuat air terjun ini dinamakan ‘Tumpak Sewu’ yang berarti seribu aliran.

Dengan ketinggian sekitar 120 meter, Air Terjun Tumpak Sewu berhulu di Gunung Semeru dan membentuk aliran Sungai Glidik di Lumajang.

Untuk menuju ke dasar tebing Tumpak Sewu ini memang cukup susah. Anda harus berjalan kaki menuruni tebing yang curam dengan panjang trek sekitar 800 meter. Durasi perjalanan untuk turun ke bawah memakan waktu sekitar satu jam.

Anda harus hati-hati dan fokus sebab jalur treknya cukup curam dan menegangkan bahkan di beberapa titik terkadang Anda harus berpegangan hanya pada seutas tali.

Tempat Wisata Alam Malang_Air Terjun Tumpak Sewu

Namun meskipun melelahkan, selama perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang megah dan juga indah. Rasa letih akan hilang dan terbayarkan begitu saja saat sudah melihat air terjun ini dari dekat.

Air Terjun Tumpak Sewu juga menawarkan beberapa spot wisata alam lain yang berada di sekitar tempat ini, seperti Goa Tetes dan Bukit Panorama. Bagi Anda yang suka berfoto-foto, jangan lupa untuk membawa kamera ya agar momen indah ini dapat diabadikan.

2. Pantai Watu Leter: Wisata Alam di Malang yang Tersembunyi

Tempat Wisata Alam Malang_Pantai Watu Leter

Tidak hanya mempunyai air terjun yang indah, Malang juga mempunya pantai tersembunyi yang dapat dijadikan destinasi wisata alam untuk liburan. Salah satunya ialah Pantai Watu Leter.

Jika dibandingkan dengan Pantai Goa China dan Pantai Balekambang, Pantai Watu Leter memang kalah populer. Namun, keindahannya tidak perlu diragukan karena tidak akan mengecewakan Anda.

Pesona alam yang ditawarkan Watu Leter masih sangat alami. Pasir pantainya yang putih dan bersih sangat nyaman untuk diduduki dan bermain pasir. Tebing-tebing karangnya yang menjulang tinggi, air laut berwarna biru kehijauan, dan biota laut yang dijamin akan membuat Anda terkagum.

Jika beruntung, Anda dapat bermain dengan penyu-penyu yang sedang bersinggah di pantai ini. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk pantai indah ini.

3. Gunung Bromo

Tempat Wisata Gunung Bromo

Berlokasi di antara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang, Gunung Bromo adalah wisata alam yang selalu berhasil menarik perhatian para wisatawan, baik wisawatan dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam satu wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Anda dapat menikmati kemegahan alam Gunung Bromo, Gunung Tengger, Gunung Semeru, dan Gunung Batok.

Panorama eksotis yang ditawarkan Gunung Bromo tidak bisa Anda dapat dari tempat-tempat lain. Di sini Anda akan melihat keindahan alam pegunungan, perbukitan yang hijau, rumput savana, lautan pasir yang sangat luas, juga Anda dapat melihat sunrise dari puncak Gunung Bromo. Menakjubkan, kan?

4. Sumber Sirah

Tempat Wisata Sumber Sirah

Wisata alam Malang selanjutnya yang harus Anda kunjungi adalah Sumber Sirah. Tempat ini akan siap menyambut Anda dengan kolam mata air yang dingin dan menyegarkan. Di sini, rasa capek dan jenuh Anda akan hilang saat berendam dan mandi di tempat ini.

Setiap weekday maupun weekend, tempat ini selalu ramai pengunjung yang ingin mengisi waktu liburnya dengan merelaksasikan tubuh.

Untuk masuk ke tempat ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Dengan uang tersebut Anda bebas mengeksplorasi dan menjelajahi keindahan wisata alam Sumber Sirah.

Lokasi Sumber Sirah berada di Putukrejo, Gondanglegi, Malang. Apabila Anda dari pusat kota, perjalanan yang ditempuh untuk menuju tempat ini memang cukup jauh. Namun tenang saja, setelah capek di perjalanan Anda akan disambut dengan pemandangan Sumber Sirah yang indah.

Baca juga:

5. Pantai Teluk Asmara

Tempat Wisata Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara adalah objek wisata alam yang menjadi favorit para wisatawan. Disebut mirip dengan Raja Ampat, Teluk Asmara dikelilingi oleh gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Tidak heran, pantai ini memang tidak kalah indah dengan Raja Ampat.

Di pantai ini, Anda dapat menyaksikan dan merasanakan suasana pantai yang masih asri karena pengunjung pantai ini masih cukup sedikit jika dibandingkan dengan pantai yang populer lainnya.

Ombak laut pantai ini terbilang stabil sehingga cocok untuk berenang. Pantai pasir putihnya yang bersih akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Teluk Asmara juga mempunyai biota laut yang indah sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin snorkeling.

6. Coban Rondo

Tempat Wisata Coban Rondo

Bagi masyarakat Malang, Coban Rondo memang sangat populer. Berlokasi di Desa Pandesari, Kabupaten Malang, Coban Rondo memberikan panorama air terjun yang indah dan juga menyediakan beragam fasilitas wisata.

Beberapa fasilitas yang disediakan tenpat ini antara lain, tempat pemancingan, camping ground, jogging track, lintasan sepeda gunung, penginapan, wahana labirin, dan lain-lain.

Jalur untuk menuju tempat wisata Coban Rondo cukup mudah sehingga sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Itulah beberapa deretan wisata alam di Malang yang patut Anda kunjungi. Selamat liburan~

Jika berencana ingin berkunjung ke tempat lain, seperti Nusa Tenggara Barat, simak artikel yang mengulas rekomendasi tempat wisata di NTB berikut ini.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *