8 Tempat Sarapan di Jogja, Favoritnya Warga Lokal!
Destinations, Foods

8 Tempat Sarapan di Jogja, Favoritnya Warga Lokal!

Sarapan adalah aktivitas pada pagi hari yang sangat penting, hal tersebut karena tubuh membutuhkan energi untuk beraktivitas sampai siang hari nanti. Dengan sarapan, Anda dapat menjadi lebih produktif dan bersemangat. Pada artikel ini, Trivenly akan memberikan beberapa rekomendasi tempat sarapan di Jogja.

Tersohor dengan destinasi wisatanya yang beragam dan menarik, Jogja juga selalu menjadi tempat wisata favorit untuk kulineran.

Jika Anda sedang mencari tempat sarapan di Jogja yang enak, berikut ini deretan sarapan pagi yang terkenal di antara kalangan warga Jogja maupun wisatawan. Yuk, langsung meluncur dan cicipi semuanya!

Baca juga:

Daftar Tempat Sarapan di Jogja yang Enak, Favoritnya Warga Lokal!

1. Bubur Hayam Kotabaru, Tempat Sarapan di Jogja yang Selalu Ramai Pengunjung~

Tempat Sarapan di Jogja_Bubur Hayam Kotabaru

Anda tipe yang suka sarapan bubur? Bubur Hayam Kotabaru merupakan tempat kuliner di Jogja yang memberikan penawaran berbagai macam bubur yang lezat dan kekinian.

Bubur Hayam Kotabaru yang berlokasi di Jl. Johar Nurhadi, Kotabaru, ini menawarkan beragam menu, seperti bubur hayam biasa, bubur hayam pelor, bubur hayam rempelo ati, dan bubur hayam spesial.

Untuk bubur manisnya, tempat ini menyediakan menu bubur ketan hitam. Bubur ketan yang ditawarkan ada dua macam, bubur ketan biasa dan bubur ketan spesial. Jika pesanan Anda yang spesial, bubur ketannya akan disajikan dengan tambahan es krim dan potongan buah mangga. Terdengar lezat, kan?

2. Sate Klathak Pak Pong, Menu Legendarisnya Jogja

Tempat Sarapan di Jogja_Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong yang berada di kawasan Jl. Sultan agung, Bantul, ini pun dapat menjadi pilihan utama bagi Anda yang ingin mencari tempat sarapan sate klathak yang enak di Jogja.

Restoran Sate Klathak Pak Pong ini mempunyai interior dan juga eksterior tradisional dengan nuansa kekayuan. Suasana di tempat ini juga sangat enak karena dikelilingi oleh sawah. Apalagi pemandangan asri yang ditawarkan pun luar biasa indah.

Tidak hanya tempatnya yang bagus, Sate Klathak Pak Pong ini menjadi makanan legendaris yang diminati masyarakat Jogja. Sate kambing yang ditusuk dengan tusuk besi lalu ditaburi dengan garam saat sedang dibakar mempunyai cita rasa yang sangat lezat dan juga gurih.

3. Warung Pojok Mbak Yuni, Tempat Sarapan di Jogja yang Selalu Ramai!

Tempat Sarapan di Jogja_Warung Pojok Mbak Yuni

Tempat sarapan di Jogja selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan ialah Warung Pojok Mbak Yuni. Warung makan ini menjual makanan-makanan rumahan yang sederhana, seperti oseng-oseng, sayur lodeh, gorengan, dan sebagainya.

Untuk menu favorit para pengunjung di sini adalah telur gobal-gabul. Telur dadar crispy yang berukuran jumbo ini sangat enak disantap dengan nasi hangat.

Harga menu makanan dan minuman di sini juga murah meriah, plus porsi makanan di sini melimpah. Dijamin Anda akan pulang dalam keadaan perut kenyang!

4. Gudeg Mbah Lindu

Tempat Sarapan di Jogja_Gudeg Mbah Lindu

Pernah dengar Gudeg Mbah Lindu? Yups, gudeg ini merupakan gudeg yang sudah tidak asing lagi bagi warga Yogyakarta. Selain terkenal dikalangan warga Yogya, Gudeg Mbah Lindu juga terkenal dikalangan masyarakat luar.

Konon, Gudeg Mbah Lindu adalah penjual gudeg tertua di Yogya bahkan Mbah Lindu juga tidak bisa mengingat secara pasti kapan dia mulai berjualan.

Ciri khas dari gudeg ini ialah cara masaknya yang masih tradisional. Peralatan masak yang dipakai juga sangat tradisional. Gudeg ini dibuat dengan menggunakan sebuah tungku yang terbuat dari tanah liat. Di dalam tungku ini terdapat dua buah lubang yang mempunyai fungsi untuk memasak.

Cita rasa yang sangat unik juga berasal dari aroma kayu bakal. Mbah Lindu tidak pernah menggunakan gas, lho!

Saking uniknya, Gudeg Mbah Lindu juga pernah masuk dalam serial Netflix yang berjudul “Street Food: Asia” yang diproduksi pada tahun 2019 lalu.

Baca juga:

5. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Sarapan Soto Ayam Pak Dalbe

Soto Ayam Kampung Pak Dalbe termasuk ke dalam deretan tempat sarapan di Jogja yang enak dan selalu ramai pengunjung. Walaupun tempat makan ini hanya berupa warung makan kaki lima, tempat ini menyajikan soto ayam kampung dengan rasa yang mewah.

Untuk satu porsi soto di sini, disajikan dengan toge, kubis, bihun, seledri, bawang goreng, dan suwiran ayam kampung. Jika ingin lebih nikmat dan segar, Anda bisa tambahkan irisan jeruk nipis, sambal, dan kecap.

Berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, Soto Ayam Kampung Pak Dalbe buka setiap hari Senin–Jumat puku 05.30-13.00 WIB.

6. Lupis Mbah Satinem

Lupis Mbah Satinem

Rekomendasi tempat sarapan di Jogja selanjutnya adalah menu yang disukai oleh banyak warga Jogja. Lupis Mbah Satinem! Lokasinya berada di sekitar 500 m dari Tugu Jogja dan dijual oleh Mbah Satinem.

Lupis yang disajikan dengan siraman gula aren ini sudah sangat melegenda.

Bayangkan, resep lupis lezat ini sudah dijual semenjak tahun 1963. Sejak dulu, cita rasanya pun tidak pernah berubah. Bahan-bahan yang dipilih oleh Mbah Satinem juga sangat aman sebab tidak mengandung pengawet.

Jika Anda ingin mencicipi lupis ini, Anda harus datang pagi-pagi sekali ya agar tidak kehabisan!

7. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum ini merupakan salah satu gudeg legendaris, lho! Dirintis oleh Bu Djuwariyah (Yu Djum) semenjak tahun 1950, gudeg ini mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan warung gudeg lain.

Salah satu menunya yang unik ialah gudeg kering yang awet lebih lama daripada gudeg basah. Gudeg kering ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan sedang berlibur ke Jogja. Apabila gudeg kering Yu Djum disimpan ke dalam freezer, gudeg ini mampu bertahan hingga dua minggu.

Untuk harga menu di Gudeg Yu Djum cukup bervariasi, harga gudegnya sendiri mulai dari Rp15.000–Rp300.000-an.

8. Lontong Sayur Uda Asdi

Lontong Sayur Uda Asdi

Apabila Anda bosan dengan sarapan bubur atau guded, mungkin Anda bisa mencoba Lontong Sayur Uda Asdi. Lokasinya berada di Purwokinanti, Pakualaman, tepatnya berada di depan Pura Pakualaman.

Lontong sayur ini disajikan dengan sayur nangka, dengan pilihan lauk seperti telur ataupun ayam.

Untuk rasanya jangan diragukan, rasa lontong sayur ini sangat sedap dan gurih, sangat ocok untuk mengawali aktivitas pagi Anda.

Lontong Sayur Uda Asdi telah buka sejak tahun 2000, dari segi harga menu di tempat ini cukup bersahabat.

Itulah beberapa rekomendasi tempat sarapan di Jogja yang patut Anda coba. Setelah membaca ini, yuk segera persiapkan rencana perjalanan liburan Anda dengan Trivenly!

Baca juga:

2 Replies to 8 Tempat Sarapan di Jogja, Favoritnya Warga Lokal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *