Catat, 6 Manfaat Sunscreen untuk Kulit Wajah
Info

Catat, 6 Manfaat Sunscreen untuk Kulit Wajah

Sunscreen telah terbukti menjadi produk perawatan kulit yang efektif, baik untuk kulit perempuan maupun laki-laki. Sayangnya, besarnya manfaat sunscreen masih sering dianggap sepele dan dirasa merepotkan oleh sebagian orang. Tak jarang, tabir surya ini hanya digunakan saat beraktivitas di luar ruangan saja.

Manfaat sunscreen untuk kulit

Mungkin sebagian orang masih bingung dan belum benar-benar paham terkait apa itu sunscreen dan apa saja manfaat penggunaan sunscreen. Trivenly telah merangkum jawabannya dalam artikel ini. Pastikan Anda akan menyimak artikel ini sampai selesai, ya!

Baca juga:

Apa yang Dimaksud dengan Sunscreen?

Manfaat sunscreen untuk kulit

Sunscreen atau tabir surya adalah jenis produk perawatan kulit yang berbentuk spray, lotion, gel, foam, atau stick. Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit wajah dan badan Anda dari pengaruh sinar UV matahari, baik sinar UVA maupun sinar UVB.

Kedua sinar UV tersebut mempunya dampak yang buruk bagi kulit. Sinar UVA dapat merusak kulit wajah karena sinar ini dapat menembus hingga ke bagian terdalam kulit. Radiasi dari sinar ini mampu menembus kaca dan juga awan saat pagi, siang, maupun malam. Sinar UVA dapat menyebabkan flek hitam dan keriput pada wajah.

Sinar UVB adalah sinar matahari yang mempunyai panjang gelombang yang yang lebih kecil jika dibandingkan dengan sinar UVA. Namun jangan diremehkan, sinar UVB justru memiliki radiasi yang lebih kuat daripada sinar UVA. Efek dari terkena sinar ini ialah kulit akan terbakar.

Apabila intensitas kulit terpapar dengan kedua radiasi sangat lah sering, Anda harus mewaspadainya sebab berisiko terkena kanker kulit.

Apa Saja Jenis-Jenis Sunscreen?

Physical Sunscreen VS Chemical Sunscreen

Saat ini terdapat dua jenis sunscreen yang beredar di pasaran, yakni physical sunscreen dan chemical sunscreen. Berikut penjelasannya:

Physical Sunscreen

Physical sunscreen sering disebut juga sebagai mineral sunscreen. Jenis tabir surya ini saat cocok digunakan bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif ataupun kulit kering.

Untuk cara kerjanya sendiri, tabir surya ini bekerja dengan cara membuat suatu lapisan pada permukaan kulit sehingga kulit akan terlindungi dari sinar UVA dan UVB. Jenis tabir surya physical akan memberikan perlindungan yang sangat optimal dengan memantulkan radiasi matahari.

Dibandingkan dengan jenis sunscreen lainnya, physical sunscreen mampu melindungi kulit lebih lama dan mampu bekerja secara instan.

Merk produk physical sunscreen yang beredar di pasar kecantikan antara lain Somethinc, Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50, dan Innisfree.

Chemical Sunscreen

Chemical sunscreen atau organic sunscreen merupakan jenis tabir surya yang bekerja dengan cara menyerap sinar UV matahari lalu mengubahnya menjadi panas dan melepaskannya melalui kulit.

Tekstur sunscreen-nya yang ringan dan tidak menimbulkan white cast saat digunakan membuat sunscreen ini banyak diminati sebagian orang. Tabir ini mempunyai beberapa kandungan bahan aktif, seperti ovybenzone, octisalate, dan dioxybenzone.

Beberapa merk produk tabir surya chemical adalah seperti Emina, Wardah, Carasun, Biore, Whitelab, Azarine, & Skintific.

Baca juga:

Masing-masing dari dua jenis tabir surya di atas mempunyai kelebihan & kekurangannya tersendiri. Anda harus memilih jenis sunscreen yang cocok dengan tipe kulit Anda. Jika tidak cocok akan berisiko munculnya masalah baru, seperti ruam merah dan breakout.

Manfaat Sunscreen untuk Kulit Wajah

1. Melindungi Kulit dari Terpaan Sinar UV

Melindungi Kulit dari Terpaan Sinar UV

Manfaat sunscreen yang pertama ialah mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Tabir surya adalah produk yang sangat cocok untuk masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah tropis negara Indonesia sebab intensitas paparan sinar matahari yang tinggi dan berbahaya.

Penggunaan sunscreen sebaiknya dipakai saat pagi hari hingga sore hari. Catat, Anda harus tetap memakai sunscreen baik di luar ruangan maupun di dalam rungan, ya!

2. Mencegah Munculnya Flek Hitam

Kegunaan Sunscreen Melindungi dari Flek Hitam

Flek hitam atau lebih dikenal dengan bintik-bintik hitam adalah salah satu kondisi yang menandakan terjadinya kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV dari matahari.

Hal tersebut dapat terjadi karena saat kulit terkena paparan sinar matahari, kulit akan mengeluarkan sebuah reaksi berupa pelepasan melanin yang bertindak sebagai sunscreen alami yang dipunyai oleh tubuh. Terkena sinar UV terlalu lama dapat mengakibatkan pelepasan melanin yang terlalu banyak sehingga menyebabkan munculnya bercak kehitaman pada kulit.

Bercak-bercak hitam tersebut disebut sebagai flek hitam atau dark spot.

3. Manfaat Sunscreen untuk Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Kegunaan Sunscreen Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Perlu Anda ketahui, terlalu sering terkena paparan sinar matahari dapat menjadi penyebab terjadinya kanker kulit. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), penggunaan sunscreen dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Sinar matahari yang dipancarkan dapat menembus ke lapisan kulit dan DNA kulit yang terdalam. Perubahan genetik DNA itulah yang dapat menjadi penyebab munculnya kanker kulit.

Baca juga:

4. Mencegah Kulit Terbakar dari Sinar Matahari (Sunburn)

Kulit yang terkena langsung dengan paparan sinar matahari dapat menyebabkan sunbur atau kulit terbakar. Kondisi tersebut akan terjadi saat Anda berpanas-panasan di luar di saat cuaca sedang panas.

Mencegah Sunburn

Efek yang muncul akibat dari sunburn biasanya berupa kulit yang membengkak, memerah, mengelupas, dan juga gatal-gatal. Sunburn yang sangat berat dapat meningkatkan risiko munculnya kanker kulit.

Menurut Unity Point Health, memakai sunscreen dapat mencegah kulit dari efek sunburn. Tidak hanya itu, dengan sering mengonsumsi air putih juga dapat mengurangi efek sunburn.

5. Mencegah Penuaan Dini

Kegunaan Sunscreen untuk Mencegah Penuaan Dini

Penggunaan sunscreen dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini. Penuaan dini ini berupa bintik-bintik hitam, kerutan, garis-garis halus, kulit kering, dan kerusakan lain akibat dari sinar matahari. Dengan memakai tabir surya secara rutin maka akan membantu kulit terhindar dari risiko penuaan dini.

6. Merawat Kulit agar Lebih Sehat dan Lembap

Wajah Lembap

Tidak hanya untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari, tabir surya juga berguna agar kulit lebih sehat dan lembap. Komposisi sunscreen seperti Ascorbyl Glucoside, Hyluronic Acid (HA), dan juga Airlicium HA bersifat menarik cairan lebih kuat sehingga dapat menjaga kelembapan kulit.

Setelah mengetahui pengertian dan juga manfaat sunscreen, tentu Anda semakin rajin untuk memakai produk basic skincare ini, kan? Sunscreen mempunyai manfaat yang sangat besar sehingga wajib untuk digunakan.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *