zero waste trips
Tips & Tricks

“Zero Waste Trips” untuk Traveler Trendi di Era Keberlanjutan

Melakukan perjalanan memang menjadi salah satu impian dan juga hobi dari Sebagian besar orang. Tapi, tidak dengan dengan menjaga lingkungan. Nah, Kali ini Trivenly akan membahas tentang ‘Zero Waste Trips” bagi Traveler masa kini di era keberlanjutan saat ini!

Apa Itu Zero Waste Trips?

zero waste trips
Source: google.com

Zero Waste Trips atau Zero waste travel merupakan salah satu bentuk perwujudan dari aksi menjaga lingkungan bagi para wisatawan, baik dengan cara menimalisir jejak karbon, mengurangi penggunaan sampah plastik, menjaga kebersihan lingkungan, dan masih banyak lagi.

Hal ini juga menjadi bentuk perwujudan dari ‘Zero-Waste Lifestyle’

Kenapa Zero Waste Trips Itu Penting?

zero waste trips
Source: google.com

Melihat banyaknya kerusakan lingkungan serta perubahan iklim saat ini, membuat pemerintah serta banyak Lembaga maupun komunitas mulai mengkampanyekan isu lingkungan ini.

Ditambah lagi dengan fakta yang disampaikan oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) bahwa suhu bumi telah meningkat 0,85 derajat Celcius pada tahun 2021 dan kemungkinan terbesar akan terus meningkat untuk tahun-tahun berikutnya.

zero waste trips environmental damage
Source : Unsplash.com

Zero Waste Trips Sebagai Upaya Menjaga Kerusakan Lingkungan

Sangat penting untuk menerapkan Zero Waste Trips untuk meminimalisir terjadinya kerusakan lingkungan.

Ada banyak cara yang diupayakan guna menekan laju kerusakan lingkungan, mulai dari terbitnya perjanjian paris, dibentuknya Sustainability Development Goals, dan masih banyak lagi.

Bahkan yang terbaru ialah pembahasan isu iklim yang bersinggungan dengan Sustainability Development Goals dalam perlindungan Sumber daya alam pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 di Indonesia bulan Juli lalu.

Afutami seorang ekonom lingkungan serta co-founders dari Think Policy menyebutkan bahwa menjaga lingkungan bukan hanya tugas dari mereka para pembuat kebijakan, melainkan tugas dari semua orang.

Maka dari itu, ‘Zero Waste Lifestyle’ sangat dianjurkan untuk mulai diterapkan di berbagai kalangan dan berbagai aktivitas, termasuk Traveling!

Bagaimana Cara Untuk Menjadi Traveler Yang Menerapkan Zero Waste Trips?

Masih bingung cara menerapkan ‘Zero Waste Trips’ pada perjalanan kamu? Tenang, Sobat Trivenly punya tips and trick menjadi Traveler trendi dengan perjalanan ramah lingkungan di era keberlanjutan masa kini!

  • Gunakan Kendaraan Umum

Beberapa dari kalian pasti beranggapan bahwa perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi menjadi salah satu opsi terbaik yang dapat dilakukan. Tetapi faktanya, justru ini dapat merugikan lingkungan loh!

Permasalahan yang disorot pada bagian ini adalah Jejak Karbon yang ditinggalkan bisa menjadi lebih banyak daripada aktivitas sehari-hari biasanya dan berdampak besar pada perubahan iklim bumi saat ini.

Dengan menggunakan kendaraan umum, secara tidak langsung kita dapat meminimalisir produksi karbon dan tentunya menekan laju perubahan iklim dan suhu bumi saat ini!

zero waste trips
Source: google.com
  • Membawa Peralatan Makan dan Minum Sendiri

Yang satu ini juga ga kalah penting, yaitu membawa peralatan makan dan minum sendiri. Sampah plastic menjadi salah satu sampah yang paling berbahaya dan paling banyak mencemari lingkungan, salah satu jenisnya ialah sedotan plastik.

Berdasarkan Data dari Divers Clean Action, disebutkan bahwa pemakaian sedotan plastic di Indonesia mencapai 93.2444.847 batang setiap harinya. Angka yang sangat banyak bukan?

Maka dari itu, pentingnya bagi kalian para traveler untuk membawa peralatan makan dan minum sendiri, dimulai dari yang paling kecil yaitu dengan membawa sedotan reusable sendiri.

zero waste trips
Source: google.com
  • Membawa Kantong Belanja Sendiri

Dalam rangka menerapkan zero waste trips barang yang juga penting dan wajib dibawa bagi para traveler agar perjalanannya lebih ramah lingkungan ialah dengan membawa Kantong belanja sendiri.

Salah satu kegiatan wajib para traveler apabila berkunjung di salah satu tempat ialah membeli cinderamata. Untuk mempermudah sekaligus menjaga lingkungan serta menerapkan zero waste trips, kalian bisa membawa kantong belanja sendiri sehingga mengurangi penggunaan kantong belanja plastik.

zero waste trips
Source: google.com
  • Mengurangi Konsumsi Plastik

Poin selanjutnya untuk menerapkan zero waste trips masih soal plastik, kalau tadi dengan mengurangi penggunaan plastic dari segi peralatan makan dan kantong belanja. Nah, kamu juga bisa mengurangi konsumsi plastik saat diperjalanan, seperti membeli barang-barang yang lebih ramah lingkungan dan tidak mengandung plastil baik, terkhusus pada bagian kemasan.

zero waste trips
Source: google.com
  • Menghabiskan Makanan serta Minuman

Kalau tadi kita sudah berbicara banyak soal plastik, yang satu ini juga ga kalah penting loh! Salah satu cara untuk menerapkan zero waste trips yaitu menghabiskan makanan serta minuman yang dikonsumsi.

Biasanya para traveler akan mencoba berbagai macam makanan serta minuman di tempat baru yang mereka jelajahi. Dalam beberapa situasi dan kondisi, apabila makanan atau minumannya tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan, maka akan dibuang begitu saja.

Hal ini juga dapat berdampak bagi lingkungan karena makanan yang dibuang dapat menyebabkan pencemaran udara bertambah karena gas metana yang dikeluarkan, seperti yang diketahui bahwa gas metana menjadi salah satu gas penyebab efek rumah kaca yang juga menjadi penyebab perubahan iklim saat ini.

Tidak hanya itu, krisis pangan akan perubahan iklim saat ini juga menjadi catatan penting bagi kita untuk dapat menghargai makanan dan minuman yang ada. Jadi, konsumsilah makanan dan minuman secukupnya agar tidak merugikan sesama!

zero waste trips
Source: google.com

Nah, itulah tadi beberapa tips and trick melakukan Zero Waste Trips untuk menjadi Traveler yang trendi di Era keberlanjutan. Tertarik untuk menerapkan ‘Zero Waste Trips’ pada perjalananmu selanjutnya? Yuk, segera rencanakan liburanmu di Trivenly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *