Wisata Pulau Derawan-Surga Tersembunyi di Kalimantan Timur
Destinations

Wisata Pulau Derawan: Surga Kecil di Kalimantan Timur

Wisata Pulau Derawan merupakan salah satu objek pariwisata yang memukau dan memesona yang menjadi kebanggaan provinsi Kalimantan Timur. Keindahannya yang memukau akan membuat siapa saja terpikat saat melihatnya.

Wisata Pulau Derawan_Indah

Jika dibandingan dengan Pulau Bali, Pulau Lombok, atau Pulau Komodo, Pulau Derawan memang belum sepopuler pulau lain. Menurut warga setempat, pulau ini memang baru menjadi kawasan pariwisata yang berkembang sekitar 12 tahun yang lalu.

Meskipun berada di ujung Kalimantan Timur, pulau ini menjanjikan panorama alam yang sangat luar biasa indah dan juga menakjubkan bak surga kecil yang tersembunyi.

Penasaran ingin tahu lebih dalam mengenai surga kecil di Kalimantan Timur ini? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini!

Baca juga:

Sekilas Tentang Wisata Pulau Derawan

Wisata Pulau Derawan_Gambar 2

Pulau Derawan adalah sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dijuluki sebagai “Pristine Island“, pulau ini terbukti menjadi tempat yang keasriannya masih terjaga sehingga membuat banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk berkunjung ke pulau ini.

Pada tahun 2005, wisata Pulau Derawan didaftarkan oleh pihak pemerintah sebagai warisan dunia ke UNESCO.

Di sini, para wisatawan dapat menikmati keindahan pantai yang sangat memesona dan juga menawan. Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih pantai yang bersih dan juga indah. Sebagai wisata bahari, pulau ini dikelilingi dengan gugusan pulau-pulau yang tak kalah memukau.

Wisata Pulau Derawan juga terkenal dengan wisata baharinya yang eksotis karena memiliki biota laut yang unik. Gradasi warna air lautnya yang indah dan juga terumbu karang dengan berbagai bentuk menjadikan liburan ke pulau ini akan sangat berkesan sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

Cara Menuju ke Pulau Derawan

Bagi Anda yang ingin ke Pulau Derawan, terdapat dua cara untuk menuju ke pulau ini, yaitu via Tarakan dan via Berau.

1. Via Tarakan

Wisata Pulau Derawan_Gambar Tarakan

Jalur pertama untuk menuju Pulau Derawan adalah via Tarakan. Tiket pesawat Balikpapan-Tarakan biasanya lebih murah daripada Balikpapan-Berau.

Setelah sampai ke Tarakan, Anda harus naik speed boat dengan durasi perjalanan sekitar tiga jam untuk menuju Pulau Derawan.

Sewa speed boat memang lumayan mahal, untuk kapasitas sekitar 15 orang saja dapat dikenakan biaya sekitar Rp11 juta untuk 4 hari 3 malam.

2. Via Berau

Berwisata Derawan_Gambar Berau

Jalur kedua yang dapat Anda lalui untuk menuju pulau ini adalah via Berau.

Dari Bandara Berau, Anda bisa mencari kendaraan seperti mobil travel untuk pergi menuju Dermaga Tanjung Batu. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2 jam lebih.

Setelah tiba di Dermaga Tanjung Batu, Anda dapat menyewa speed boat dengan durasi perjalanan sekitar 45 menit dengan biaya sekitar Rp50.000 per orang.

Aktivitas Seru di Wisata Pulau Derawan

1. Snorkeling dan Diving

Wisata Pulau Derawan_Diving

Terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, kegiatan snorkeling dan juga diving menjadi hal yang sangat wajib dilakukan saat berwisata ke Pulau Derawan.

Pemandangan bawah laut yang disuguhkan pulau ini sangatlah mengagumkan. Biota laut dan juga terumbu karang yang sangat indah menghiasi laut wisata Pulau Derawan sehingga akan membuat siapa saja yang melihatnya akan jatuh cinta.

Jika berencana untuk diving dan juga snorkeling, ada beberapa lokasi menyelam yang populer, seperti Manta Point. Di sini Anda tidak hanya menikmati keindahan terumbu karang saja, tetapi juga Anda bisa berenang bersama Manta Rey, yakni ikan pari raksasa yang sedang memburu plankton.

Terdapat juga spot berenang terbaik, seperti Old Piezk. Di lokasi ini dikhususkan bagi wisatawan yang ingin melihat ikan-ikan di bawah dasar laut yang cantik dan juga unik-unik.

Anda juga bisa berenang atau menyelam di lokasi Shark Point. Bagi Anda yang menyukai kegiatan ekstrem, di sini Anda bisa melihat ikan-ikan hiu dari dekat. Ada juga lokasi renang lainnya, seperti Blue Triggel Wall dan Tuturuga Point.

2. Bermain di Pantai Wisata Pulau Derawan

Wisata Pulau Derawan_Pantai

Wisata Pulau Derawan terkenal dengan pasir pantainya yang putih dan juga lembut. Air lautnya yang jernih dan berwarna hijau kebiru-biruan membuat Anda akan senang bermain berlama-lama di pantai Pulau Derawan.

Sambil bermain di pantai, jangan lupa untuk berfoto-foto di pantai ini ya!

Baca juga:

3. Menikmati Sunset & Sunrise di Pinggir Pantai Pulau Derawan

Wisata Pulau Derawan_Sunset

Dengan luas pulau 43 hektare, di pulau ini bukan hanya dapat menikmati pemandangan pantai dan bermain pasir putih, Anda juga dapat bersantai di pinggir pantai sambil menunggu matahari terbit ataupun terbenam yang sangat memukau mata.

4. Mengelilingi Pulau dengan Sepeda

Wisata Pulau Derawan_Sepeda

Aktivitas selanjutnya yang dapat Anda lakukan di pulau ini ialah bersantai dengan berkeliling menggunakan sepeda sembari menikmati angin segar.

5. Melihat Penyu di Pusat Konservasi

Wisata Pulau Derawan_Penyu

Kegiatan seru lain yang dapat juga Anda lakukan di tempat wisata Pulau Derawan adalah mengunjungi pusat konservasi penyu. Di sini, Anda akan diberikan ilmu dan juga mendapatkan pengalaman baru dengan menyaksikan aktivitas yang sedang dilakukan oleh penyu.

Anda juga dapat ikut untuk melepaskan bayi penyu yang akan dilepaskan ke lautan. Aktivitas ini menjadi kegiatan wajib yang harus dicoba saat sedang ke pulau indah ini.

6. Menikmati Sajian Kuliner di Pulau Derawan

Pulau Derawan_Tehe Tehe

Lelah mengeksplor Pulau Derawan? Setelah puas bermain dan juga berkeliling, Anda dapat menikmati wisata kuliner yang lezat di pulau ini. Ada banyak kuliner khas laut yang ditawarkan di pulau ini, seperti kima-kima, tehe-tehe, dan juga elai.

Kima-kima adalah makanan yang terbuat dari kerang laut yang lalu dikeringkan seperti ikan asin. Tehe-tehe sendiri ialan beras ketan yang diselimuti dengan cangkang dari landak laut. Elai adalah buah-buahan khas Kalimantan yang berbentuk seperti durian.

Setelah kenyang, Anda bisa memanfaatkan waktu Anda untuk berburu souvernir. Souvernir khas Pulau Derawan dan juga Kalimantan Timur dapat ditemukan di toko-toko souvernir yang berjajar di pulau ini.

Demikianlah penjelasan mengenai Wisata Pulau Derawan yang berlokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Nah, ke mana pun pilihan Anda, rencanakan liburan Anda hanya dengan Trivenly.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan suasana liburan ke Pulau Derawan yang tenang dan juga mendapatkan harga yang hemat , pesan tiket open trip ke Pulau Derawan di Trivenly sekarang juga! Selamat liburan!

Baca juga:

2 Replies to Wisata Pulau Derawan: Surga Kecil di Kalimantan Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *