Tempat Wisata NTB yang Wajib Dikunjungi
Destinations

8 Tempat Wisata di NTB yang Wajib Dikunjungi!

Siapa yang tidak mengetahui Nusa Tenggara Barat? Mulai dari Pulau Lombok, Pulau Bajo, Kota Bima, serta daerah lain di provinsi ini mempunyai destinasi wisata yang menjadi kebanggaan dari Indonesia. Destinasi wisata di provinsi ini cukup populer dengan keindahan alamnya yang mempesona. Bagi Anda yang pertama kali ingin mengunjungi provinsi NTB, berikut rekomendasi  8 tempat wisata di NTB yang wajib dikunjungi!

1. Gili Trawangan

Tempat Wisata NTB yang Wajib Dikunjungi - Gili Trawangan

Jika Anda berencana untuk liburan ke Pulau Lombok, Gili Trawangan adalah salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi. Lokasi Pulau Gili Trawangan berada di sebelah barat laut Pulau Lombok dan juga berdekatan dengan Gili Meno juga Gili Air.

Keindahan pantai yang menawarkan pemandangan pasir putih yang indah membuat Gili Trawangan sangat sering dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Anda tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan yang indah, terdapat banyak aktivitas seru juga yang dapat dilakukan di pulau ini, seperti:

  • Snorkeling
  • Diving
  • Mengelilingi pulau dengan bersepeda
  • Menyaksikan sunrise dan juga sunset
  • Wisata kuliner
  • dan berkuda di pinggir pantai

2. Pulau Kelapa

Tempat Wisata NTB yang Wajib Dikunjungi - Pulau Kelapa

Tempat wisata lain di NTB yang wajib dikunjungi dan tidak boleh dilewati ialah Pulau Kelapa. Pulau cantik ini memiliki pemandangan yang mirip dengan Raja Ampat. Pulau yang berlokasi di Kabupaten Bima ini menawarkan keindahan pemandangan laut yang indah, dikelilingi bukit-bukit kecil yang dapat menyegarkan mata. Air laut yang sangat jernih dan berwarna hijau tosca dapat Anda lihat dari ketinggian bukit di Pulau Kelapa.

Di Pulau Kelapa ini, Anda dapat menyegarkan jiwa dan juga pikiran dengan sajian panorama yang indah dan spot anti mainstream. Setiap sudut di pulau ini tidak ada yang tidak menarik, semua spot cocok untuk latar foto yang Instagrammable. Untuk menuju Pulau Kelapa Anda dapat mengaksesnya dari Pelabuhan Sape dengan menggunakan speedboat.

3. Gunung Rinjani

Tempat Wisata NTB yang Wajib Dikunjungi - Gunung Rinjani

Bagi warga Indonesia, mungkin sudah tidak asing dengan Gunung Rinjani. Gunung yang berlokasi di Lombok Utara ini mempunyai ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung kedua tertinggi di Indonesia.

Panoramanya yang indah menjadikan Gunung Rinjani sebagai gunung favorit bagi para pendaki, wisatawan asing, dan juga masyarakat setempat.

Untuk mendaki gunung ini, terdapat 5 rute yang dapat dilalui pendaki untuk memulai pendakiannya. Selama perjalanan pendakian, tidak hanya pemandangan indah yang akan disuguhkan gunung ini, Anda akan disuguhkan juga dengan berbagai jenis fauna juga flora endemik yang hidup di sekitar hutan.

4. Pulau Satonda

Tempat Wisata NTB Wajib Dikunjungi - Pulau Satonda

Siapa sangka di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, terdapat pulau yang indah yang memiliki danau asin di tengahnya. Pulau ini dikenal dengan nama Pulau Satonda. Dari sebuah hasil penelitian, danau air asin yang berada di Pulau Satonda ini mempunyai kadar asin yang melebihi air laut di sekitarnya sehingga hampir semua jenis moluska di danau ini musnah.

Kondisi danau yang yang asin tersebut disebabkan air laut yang meluap sehingga terperangkap di danau dan merupakan akibat dari letusan Gunung Tambora pada tahun 1815 silam. Volume air laut yang sangat besarlah yang mengubah Danau Satonda menjadi danau air asin. Keunikan inilah yang menjadikannya sebagai tempat wisata di NTB yang wajib dikunjungi. Untuk mencapai Pulau Satonda, Anda harus menyebrang dari Labuan Kenanga dengan estimasi perjalanan 15 menit.

5. Bukit Merese

Bukit Merese

Apakah Anda berencana untuk berwisata ke Pulau Lombok? Bukit Merese bisa menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Bukit Merese yang berlokasi di Pujut, Lombok Tengah ini menawarkan keindahan paronama alam yang sangat indah dan juga menakjubkan bahkan sering disebut dengan bukit cinta.

Untuk mengunjungi bukit ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Mataram. Perjalanan yang dilalui untuk menuju bukit dijamin nyaman dan juga aman karena infrasturktur jalannya sudah cukup bagus, jadi anda tidak perlu khawatir.

Bagi Anda yang sudah lelah dengan suasana perkotaan, tempat ini adalah tempat terbaik untuk menyegarkan pikiran. Di sini Anda dapat menghabiskan waktu untuk menikmati sunset & sunrise, menyaksikan panorama Tanjung Aan, bermain dengan sapi & kerbau, dan juga Anda dapat camping di bukit ini.

6. Pantai Lariti

Pantai Lariti

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki pantai-pantai dengan keindahan serta daya tarik tersendiri. Salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi ialah Pantai Lariti yang terletak di Desa Soro, Kecamatan Lambu Sape, Nusa Tenggara Barat. Dari Kota Bima, pantai ini dapat ditempuh selama satu jam perjalanan.

Selain pemandangannya yang indah, Pantai Lariti menawarkan sensasi berjalan di tengah laut hal ini karena pada saat air laut sedang surut, Anda akan melihat fenomena pasir yang membelah laut ini. Pasir-pasir yang membelah laut ini seperti membentuk sebuah jalan yang menghubungkan bibir Pantai Lariti dengan bukit di seberangnya.

Terdapat banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama keluarga di pantai ini, mulai dari berjalan-jalan di hamparan pasir putih, bermain air dan juga bola selagi surut, dan juga Anda dapat mencicipi hidangan ikan bakar yang dijual oleh warga setempat.

7. Air Terjun Mata Jitu

Tempat Wisata NTB yang Wajib Dikunjungi - Air Terjun Mata Jitu

Keberadaannya yang tersembunyi dan kurangnya terekspos oleh media membuat pesona Air Terjun Mata Jitu kurang diketahui oleh orang-orang. Air terjun yang berlokasi di Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ini mampu membuat siapa pun akan terpesona melihat keindahannya. Udara yang masih asri dan dikelilingi dengan pepohonan rimba membuat air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata yang digemari di Pulau Moyo.

Ciri khas yang dimiliki Air Terjun Mata Jitu ialah memiliki empat undak dan tujug kolah di bawahnya. Dari bentuk itulah warga setempat menyebutnya ‘Mata Jitu’ yang bermakna mata air yang jatuh ke kolam yang berada di bawahnya secara berurutan, sama seperti konsep terasering. Tidak hanya itu, Anda juga akan disuguhkan pesona bebatuan eksotis yang berada di sekitar air terjun.

8. Gunung Tambora

Gunung Tambora

Bagi Anda pecinta wisata ketinggian, Gunung Tambora dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Gunung ini cukup terkenal dikalangan para pendaki Indonesia maupun asing. Dengan ketinggian lebih dari 2500 meter di atas permukaan laut, gunung ini menyimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Dengan julukannya “Greatest Crater”, gunung ini disebut sebagai gunung dengan kawah terbesar di Indonesia.

Apabila Anda berhasil sampai puncak, Anda dapat melihat padang pasir yang sangat luas di sepanjang bibir kawah gunung. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat bunga edlweiss yang tumbuh di sepanjang bibir kawah gunung. Terdapat juga bebatuan berlapis yang sangat indah. Dari gunung ini juga Anda bisa melihat panorama keindahan Pulau Satonda.

Ada banyak sekali pilihan tempat wisata yang menarik di NTB, bukan? Jadi, susunlah segera rencana liburan ke Nusa Tenggara Barat sekarang juga! Tak perlu khawatir, untuk mengetahui informasi lain seputar wisata terkini Anda dapat kunjungi laman ini.

Baca juga: Pengertian ‘Open Trip’ dan Tips Aman Sebelum Mengikutinya

5 Replies to 8 Tempat Wisata di NTB yang Wajib Dikunjungi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *