Menyusuri Eksotika Wisata Gunung Rinjani
Destinations

Menyusuri Eksotika Wisata Gunung Rinjani

Wisata Gunung Rinjani adalah salah satu situs taman nasional yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Taman Nasional Gunung Rinjani yang mempunyai luas sekitar 41.330 hektar ini memang sangat patut untuk dikunjungi.

Wisata Gunung Rinjani

Sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl, Gunung Rinjani sangat terkenal dengan keindahannya yang masih asri dan memiliki banyak objek wisata yang menarik.

Para pelancong dari berbagai wilayah berbondong-bondong untuk bersinggah ke gunung ini. Dengan medan yang bervariasi dan sangat menantang, Gunung Rinjani adalah gunung yang paling diburu oleh para pendaki.

Baca juga:

Seputar Wisata Gunung Rinjani

1. Lokasi, Harga Tiket, & Jam Operasional Wisata Gunung Rinjani

Berlokasi di wilayah Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara, Gunung Rinjani adalah bagian dari kawasan konservasi yang dikelola oleh Taman Nasional Gunung Rinjani.

Untuk warga negara Indonesia (WNI) biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 pada hari biasa dan Rp7.500 saat hari libur. Warga negara asing (WNA) dikenakan Rp150.000 pada hari biasa dan Rp250.000 saat hari libur.

Gunung Rinjani buka setiap hari Senin s.d. Minggu sehingga Anda dapat berkunjung ke gunung ini kapan pun.

Jika ingin melakukan pendakian, waktu check in pada pukul 07.00–15.00 WITA dan check out pada pukul 07.00–17.00 WITA.

2. Jalur Pendakian Wisata Gunung Rinjani

Berencana ingin mendaki Gunung Rinjani? Nah, di gunung ini terdapat empat jalur pendakian, yakni Jalun Senaru, Jalur Sembalun, Jalur Timbanuh, & Jalur Aikberik.

Dari keempat jalur tersebut, dua jalur resmi yang direkomendasikan untuk pendaki yang ingin naik Gunung Rinjani ialah Jalur Sembalun dan Jalur Senaru.

Jalur Senaru dan Jalur Sembalun adalah jalur pendakian yang paling banyak dipilih oleh pendaki.

Jelajahi Eksotika Wisata Gunung Rinjani

Gunung Rinjani memiliki pesona yang sangat memikat para wisatawan. Lalu, sebenarnya apa saja pesona yang ditawarkan oleh Gunung Rinjani?

Simak penjelasannya di bawah ini~

1. Padang Savana Sembalun Lawang

Wisata Gunung Rinjani_Padang Savana Sembalun Lawang

Spot pertama yang dimiliki oleh Gunung Rinjani ialah Padang Savana Sembalun Lawang. Tempat ini merupakan padang rumput yang sangat luas dan dikelilingi oleh Bukit Dandaun & Gunung Telaga.

Kawasan padang savana ini adalah titik awal dari jalur pendakian via Jalur Sembalun. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan khas padang savana dengan luas sekitar 6 km.

Pemandangan kemegahan Gunung Rinjani dapat Anda lihat dari tempat ini, udaranya juga masih sangat bersih dan segar, rerumputan berwarna hijau akan Anda lewati di tempat ini.

Tidak hanya itu, di sini Anda dapat melihat atraksi memanggil sapi. Biasanya warga lokal akan membiarkan sapi mereka untuk berkeliaran di Padang Savana Sembalun Lawang. Pemilik sapi akan berteriak memanggil sapi-sapi sambil mengangkat botol air yang telah diisi garam.

2. Danau Segara Anak

Wisata Gunung Rinjani_Danau Segara Anak

Danau Segara Anak sering disebut sebagai “surga” tersembunyi yang berada di Gunung Rinjani dan terkenal dengan keindahannya yang menjadi rebutan jutaan lensa kamera para pendaki yang melewatinya.

Segara Anak terbentuk pada saat masa purba dan merupakan hasil dari letusan Gunung Rinjani. Dahulu, diperkiraan Gunung Rinjani memiliki ketinggian sekitar 5.000 mdpl.

Hasil dari letusan tersebut menyebabkan terbentuknya sebuah kawah besar yang terisi oleh air dan dikenal sebagai Danau Segara Anak.

Sebagai danau yang menjadi salah satu spot wisata yang mampu menghipnotis siapa saja yang mengunjunginya, Danau Segara Anak memiliki keindahan air danau berwarna kebiru-biruan seperti air laut yang mampu menenangkan pikiran dan perasaan Anda.

Bagi para pendaki, danau ini menjadi lokasi favorit untuk berkemah. Setelah melakukan pendakian melintasi savana, hutan-hutan belantara, perbukitan yang terjal, Danau Segara Anak menjadi tempat peristirahatan yang sangat pas.

Tidak hanya untuk melepas penat, danau ini cocok untuk memanjakan lidah sebab Anda dapat memancing ikan di danau ini. Jumlah ikan segar yang sangat melimpah bisa dinikmati oleh para pendaki.

Baca juga:

3. Air Terjun Mangku Sakti

Wisata Air Terjun Mangku Sakti

Objek wisata di Gunung Rinjani yang selanjutnya tidak boleh dilewatkan ialah Air Terjun Mangku Sakti.

Terkenal dengan keindahan dan kejernihan airnya yang berwarna toska dan tebing bebatuannya yang memesona, Air Terjun Mangku Sakti menjadi tempat yang tepat untuk memanjakan mata dan merelaksasikan jiwa.

Selain air terjunnya, di sekitar tempat wisata ini dikelilingi oleh sungai-sungai yang mempunya banyak bebatuan licin. Di pinggir sungai juga dipenuhi dengan pepohonan hijau yang tumbuh dengan sangat subur.

Tempat wisata alam ini menjadi favorit wisatawan yang ingin berpiknik. Tidak heran, destinasi ini selalu ramai akan pengunjung setiap harinya. Di sini Anda dapat menyelam dan juga mandi.

Apabila Anda berangkat dari Kota Mataram, untuk menuju ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar 4 jam dan jarak yang ditempuh sekitar 175 km.

4. Gunung Batu Jari

Wisata Gunung Batu Jari

Nah, Gunung Batu Jari sering disebut sebagai Gunung Anak Rinjani. Gunung kecil yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini semakin indah dilihat saat berpadu dengan kejernihan dan birunya air Danau Segara Anak.

Gunung Batu Jari adalah gunung yang baru terbentuk pada tahun 1944. Dengan lebar kawah sekitar 170 meter dan panjangnya sekitar 200 meter, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.296–2.376 mdpl.

Baca juga: Pengertian ‘Open Trip’ dan Tips Aman Sebelum Mengikutinya

5. Air Terjun Tiu Kelep

Wisata Air Terjun Tiu Kelep

Berada di kaki Gunung Rinjani, Air Terjun Tiu Kelep adalah destinasi wisata yang sangat tidak lengkap rasanya apabila tidak dikunjungi.

Dalam bahasa Sasak, air terjun ini berasal dari kata ‘Tiu’ yang bermakna ‘kolam renang’ dan ‘Kelep’ yang bermakna ‘terbang’. Jika digabungkan maka memiliki arti ‘kolam renang terbang’.

Penamaan ini bukanlah tanpa sebuah alasan. Di air terjun ini Anda dapat menyaksikan buih-buih air yang berterbangan.

Nuansa alamnya yang sangat terasa ditambah lagi dengan lumut-lumut hijau pada bebatuan membuat Air Terjun Tiu Kelep terasa sangat asri dan patut dikunjungi. Sejuknya udara di tempat ini akan membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang.

Jika Anda sedang berlibur ke Lombok, jangan lupa untuk mengunjungi air terjun ini sebab kesejukannya harus dirasakan.

Wisata Gunung Rinjani di Lombok akan selalu menjadi destinasi yang tidak boleh Anda lewatkan. Sangat sayang bukan apabila tidak dikunjungi?

Demikian pembahasan seputar Gunung Rinjani dan pesona-pesona apa saja yang ditawarkan gunung ini.

Jadi, tunggu apalagi? Segera siapkan rencana perjalanan Anda ke Lombok bersama Trivenly!

Baca juga:

One Reply to Menyusuri Eksotika Wisata Gunung Rinjani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *