Tips Vacation Murah Jelang Akhir Tahun
Tips & Tricks

Tips Vacation Murah Jelang Akhir Tahun, Emang Bisa?

Akhir tahun menjadi salah satu momentum yang paling dinantikan setiap orang. Momen ini sangat pas dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, pasangan, maupun sahabat terdekat untuk merencanakan vacation (liburan). Namun, sebelum Anda ingin berlibur sebaiknya Anda mempersiapkan perencanaan yang matang agar biaya yang dikeluarkan tidak besar. Nah, Trivenly telah merangkum beberapa tips vacation murah yang dapat Anda terapkan!

Baca juga: (Mencicipi Kuliner Legendaris Yogyakarta: Sate Klathak Pak Pong)

Tips Vacation Murah

Tips Vacation Murah_New Year

Apabila Anda ingin berlibur di akhir tahun maka Anda harus melakukan persiapan yang cukup matang karena memasuki periode high season atau musim ramai pengunjung. Mulai dari persiapan alokasi budget liburan, logistik, kesehatan diri dan juga rencana perjalanan selama liburan.

Banyaknya biaya dan tingginya jumlah masyarakat yang melakukan liburan membuat biaya transportasi dan juga akomodasi akan melonjak. Oleh karena itu, Anda harus secara bijak mempersiapkan secara matang vacation akhir tahun. Jangan sampai uang simpanan atau tabungan Anda habis setelah liburan.

Simak beberapa tips vacation murah yang patut Anda ketahui!

1. Lakukan Riset Sebelum Vacation

Tips Vacation Murah_Riset

Sebelum Anda ingin melakukan perjalanan liburan, lakukanlah riset terlebih dahulu. Sesuaikan tempat liburan dengan budget yang Anda miliki. Misalnya, Anda ingin berlibur ke negara Korea Selatan, tentu biaya yang harus disiapkan tidak akan di bawah 3 juta rupiah.

Mulai sekarang Anda harus mencari informasi dan bertanya kepada orang-orang terdekat Anda yang sudah berpengalaman dalam vacation. Anda dapat menanyakan tips vacation murah agar budget yang digunakan seminimal mungkin.

Kalau Anda memang ingin vacation dengan budget yang minim dan juga berharap bisa memenuhi ekspektasi, sebaiknya lakukanlah riset tipe hotel dan juga fasilitas yang ditawarkan terlebih dahulu, ya.

2. Membuat Perincian Biaya

Tips Vacation Murah_Budget

Langkah kedua merupakan tahap yang sangat penting untuk Anda agar dapat mengontrol pengeluaran. Alokasikan budget liburan sesuai dengan kemampuan dan juga kebutuhan.

Pada tahapan pembuatan rincian biaya perjalanan, Anda harus menentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, makanan, penginapan, belanja oleh-oleh dan juga lebihkan budget Anda untuk berjaga-jaga.

Dengan adanya perincian biaya yang tepat, Anda akan mendapat batasan untuk pengeluaran Anda dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak diperlukan. 

3. Lebih Banyak Berjalan Kaki

Tips Vacation Murah_Jalan Kaki

Tips vacation murah selanjutnya adalah dengan lebih sering berjalan kaki. Saat Anda sedang berada di luar kota atau luar negri, jalan kaki dapat menjadi pilihan untuk berhemat. Selain sehat, Anda juga dapat menikmati pemandangan sambil menghirup udara segar.

Oleh karena itu, pilihlah lokasi wisata yang dekat dari penginapan Anda sehingga Anda bisa berjalan kaki menuju objek wisata tersebut.

4. Tidak Membeli Oleh-Oleh di Kawasan Tourist Spot

Tips Liburan Murah_Tourist Spot

Tips vacation murah yang keempat yaitu dengan tidak membeli oleh-oleh di tourist spot. Umumnya semua yang ada di tourist spot mahal. Batasi pengeluaran Anda semaksimal mungkin dengan menahan keinginan Anda untuk membeli souvenir atau oleh-oleh di dalam tourist spot.

Sebaiknya Anda membeli oleh-oleh atau souvenir di pasar tradisional saja yang dijamin harganya jauh lebih murah dan juga kualitasnya sama dengan yang di toko tourist spot.

5. Siapkan Uang Tunai

Siapkanlah uang tunai agar pengeluaran liburan Anda tidak membengkak, sebaiknya jangan menggunakan kartu kredit selama liburan. Sesuaikan uang tunai yang akan Anda bawa dengan kebutuhan selama perjalanan liburan.

6. Bawalah Makanan atau Cemilan dari Rumah

Tips Liburan Murah_Snack

Biasanya tempat penginapan, seperti hotel akan menyediakan beragam varian masakan. Mulai dari hidangan makanan Nusantara, Jepang, Korea, dan juga Western. Apabila Anda termasuk yang sering ngemil, baiknya Anda inisiatif membawa makanan ataupun cemilan dari rumah untuk menghemat pengeluaran.

Daripada harus membeli makanan ringan dan membuat pengeluaran bertambah, bukankah lebih baik mempersiapkan saja semuanya sebelum vacation? Lebih worth it, bukan?

7. Ajaklah Teman

Tips Liburan Murah_Ajak Teman

Bagi Anda yang menyukai kesendirian, mungkin berlibur sendiri memang menyenangkan. Namun, dengan mengajak teman Anda untuk liburan bersama akan menjadi lebih murah dan menyenangkan.

Anda bisa lebih berhemat, contohnya seperti saat Anda membeli makanan yang bisa dibagi berdua bersama teman Anda atau kalian bisa pergi berlibur dengan harga promo yang harganya bisa dibagi berdua. Menarik, kan?

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menghemat biaya penginapan karena Anda dapat memilih kamar untuk kapasitas orang yang lebih banyak.

8. Gunakan Angkutan Umum

Tips vacation murah selanjutnya adalah dengan menghindari menggunakan transportasi pribadi dalam perjalanan liburan Anda. Selain untuk menghemat, Anda juga akan lebih leluasa untuk berpindah dari objek wisata satu ke objek wisata yang lain, Anda tidak harus memikirkan kendaraan pribadi Anda.

9. Makan di Tempat Makan Lokal

Tips Liburan Murah

Saat Anda berkunjung ke sebuah objek wisata, satu hal yang harus diperhatikan ialah biaya makan. Sebaiknya hindari makan makanan di restoran mewah. Biasanya rumah makan di objek rekreasi cenderung lebih mahal dibandingkan dengan makanan yang dijual di luar tempat wisata.

10. Manfaatkan Wi-Fi

Tips vacation murah yang terakhir ialah dengan memanfaatkan Wi-Fi yang ada di penginapan maupun Wi-Fi yang ada di lokasi objek wisata. Hindari membeli sim card negara setempat karena pasti harganya lebih mahal.

Itulah beberapa tips vacation murah dengan budget yang terbatas yang bisa Anda terapkan. Semoga tips-tips ini bermanfaat buat Anda yang sedang merencanakan liburan akhir tahun!

Baca juga: Dibuai Keindahan Gua Blue Grotto

2 Replies to Tips Vacation Murah Jelang Akhir Tahun, Emang Bisa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *