Sate Klathak Pak Pong
Foods

Sate Klathak Pak Pong: Mencicipi Kuliner Legendaris Yogyakarta

Siapa yang tidak tahu Yogyakarta? kota ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia. Selain terkenal dengan tempat wisatanya, seperti Jalan Malioboro dan tugu-nya, kota ini juga terkenal dengan kulinernya yang lezat dan juga menggugah selera. Salah satu tempat makan legendaris di Yogyakarta yang perlu Anda coba adalah Sate Klathak Pak Pong!

Sate Klathak Pak Pong_Sate Klathak

Bagi Anda yang menyukai kulineran dan menyukai sate kambing, sate klathak dapat menjadi pilihan yang tepat. Sate klathak mungkin masih terdengar asing untuk sebagian masyarakat Indonesia, sate klathak merupakan sate kambing unik dari daerah Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dalam bahasa Jawa, kata ‘klathak‘ diartikan sebagai kegiatan memanggang di atas api yang terbuka.

Untuk Anda yang baru pertama kali ingin mencicipi sate klathak, Sate Klathak Pak Pong sangatlah direkomendasikan karena sudah sangat terkenal dikalangan pecinta sate klathak.

Namun, apa saja keunikan dari Sate Klathak Pak Pong? Yuk simak ulasan berikut!

Sate Klathak Pak Pong

Berbeda dengan sate klathak lainnya, Sate Klathak Pak Pong mempunyai cita rasa daging yang sangat empuk dan juga lezat. Daging kambing yang digunakan juga merupakan daging pilihan, kambing yang dipilih hanyalah kambing muda yang berusia sekitar satu tahun.

Umumnya sate kambing menggunakan tusukan bambu, namun sate klathak di sini menggunakan ruji sepeda motor. Daging kambing yang sudah dipotong-potong akan ditusuk dengan ruji sepeda motor. Penggunaan ruji sepeda dipercaya akan menghantarkan panas lebih baik sehingga kematangan daging sate akan merata dan nikmatnya juga pas.

Sate Klathak Pak Pong_Sate Klathak

Bumbu yang digunakan untuk sate klathak ini juga terbilang cukup sederhana, sate klathak hanya menggunakan merica, kecap, dan juga garam. Ketiga bahan minimalis tersebut membuat sate ini memiliki rasa yang khas. Meskipun bumbu yang digunakan sederhana, Anda tidak perlu ragu karena rasanya sungguh lezat. Saat digigit, garam yang bertabur di daging kambing akan menciptakan rasa yang gurih dan sangat nikmat.

Baca Juga: Menjelajahi Keindahan Pulau Kelor di Labuan Bajo

Keunikan lain dari Sate Klathak Pak Pong bukan hanya pada cita rasanya, melainkan juga pada ukuran potongan daging yang besar. Anda juga tidak perlu kaget jika sate kambing pada umumnya disajikan 10 tusuk per porsi, sate klathak di sini hanya disajikan dua tusuk saja dalam satu porsinya. Namun jangan salah meskipun hanya dua tusuk, dijamin Anda akan pulang dalam keadaan kenyang.

Sate Klathak Pak Pong_Sate Klathak

Perlu diketahui untuk satu porsi sate klatak ini selain mendapatkan dua tusuk sate, Anda juga akan mendapatkan kuah kaldu yang cukup gurih.

Ragam Menu yang Disajikan

Selain menu sate klathak Anda juga bisa menikmati varian menu lain di tempat ini, seperti Anda juga bisa memilih gulai daging, gulai babat, tengkleng, tongseng otak, tongseng daging, kicik, nasi goreng kambing, dan juga kronyos.

Ragam Menu

Minuman yang ditawarkan pun cukup beragam, antara lain es teh, es jeruk, teh panas, jeruk panas, lemon tea, es tomat, kopi, susu, wedang uwuh, susu, dan juga air mineral.

Lokasi dan Jam Buka

Sate Klathak Pak Pong yang telah berdiri sejak tahun 1960 berlokasi di Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perjalanan yang dilalui untuk mencapai tempat ini cukup mudah.

Dari arah Jl. Imogiri Timur, Anda hanya perlu lurus terus hingga kilometer 7 lalu sesampainya di perempatan Pasar Jejeran, pergilah ke arah barat. Setelah itu, sekitar 50 meter dari perempatan Anda akan melihat tempat Sate Klathak Pak Pong yang berada tepat di sebelah kanan jalan.

Jangan khawatir tersesat, lokasinya sangat strategis sehingga tidak akan merepotkan Anda. Untuk ke sini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor maupun mobil karena telah disediakan tempat parkir yang luas.

Untuk menikmati menu legendaris ini, Anda bisa datang mulai dari pukul 09.00–23.00 WIB setiap harinya.

Harga Sate Klathak

Untuk harga satu porsi sate klathak adalah sekitar Rp30.000 per porsinya (tidak termasuk nasi) dan untuk menu-menu lainnya memiliki harga yang bervariasi.

Baca Juga: Sepotong Surga di Pantai Watu Leter

Bagaimana? Masih ragu untuk menikmati kegurihannya? Penasaran untuk mencobanya? Langsung saja kunjungi Sate Klathak Pak Pong di Bantul saat kamu sedang plesiran ke Yogyakarta, ya!

4 Replies to Sate Klathak Pak Pong: Mencicipi Kuliner Legendaris Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *