Potongan Surga di Pantai Watu Leter
Destinations

Sepotong Surga di Pantai Watu Leter

Berlibur ke pantai memang selalu menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu libur. Tidak hanya disuguhkan dengan keindahannya, pantai juga sangat cocok menjadi tempat untuk melepas penat. Nah, pada artikel ini Trivenly akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh salah satu pantai di pesisir selatan Malang, Pantai Watu Leter, sepotong surga yang bersembunyi dibalik keindahan alam Kabupaten Malang.

Mengenal Pantai Watu Leter

Potongan Surga di Pantai Watu Leter

Reputasi Malang sebagai tujuan untuk berwisata bukanlah hal yang baru. Pantai Watu Leter merupakan salah satu pantai cantik yang wajib Anda kunjungi di Malang, Jawa Timur. Debur suara ombak yang bertemu dengan batu karang seakan-akan menyambut Anda saat tiba.

Anda juga akan disambut dengan panorama bentangan pasir putih yang sangat luas dan terdapat tanaman hijau yang tumbuh di atas bebatuan karang. Perpaduan antara warna biru laut dan biru langit membuat pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah.

Nama pantai ini berasal dari padanan kata bahasa Jawa yang terdiri dari dua suku kata, ‘Watu‘ yang berarti batu dan kata ‘Leter‘ yang berarti datar. Penamaan ini didasari adanya sebuah tebing batu dengan bentuk datar di bagian ujungnya. Tebing batu yang sangat unik tersebut berlokasi tidak jauh dari pantai.

Tidak hanya dikenal karena tebing batunya yang sangat unik, pantai ini juga terkenal karena menjadi tempat favorit bagi habitat penyu. Hal ini terbukti dari banyaknya penyu yang bertelur dan menetas di sekitar pantai ini. Menarik, kan?

Lokasi Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter_Lokasi

Pantai ini berlokasi di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Jika Anda datang dari arah Kota Malang, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2-3 jam perjalanan. Jarak pantai dari Kota Malang sekitar 60 kilometer. Tidak perlu khawatir, untuk ke pantai ini Anda akan melewati jalanan beraspal.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Leter

Apabila Anda ingin mengunjungi pantai ini maka Anda harus menyiapkan tarif tiket masuk. Harga tiketnya pun cukup murah, wisatawan hanya perlu membayar tiket seharga Rp10.000.

Apabila Anda membawa kendaraan maka akan ada biaya tambahan untuk parkir. Parkir motor dikenakan tarif Rp10.000 dan mobil sebesar Rp20.000. Perlu diingat, harga-harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Jam Operasional

Untuk mengunjungi Pantai Watu Leter tidak ada jam khusus yang harus dipilih, Anda dapat berkunjung kapanpun Anda inginkan. Pantai ini dibuka sepanjang hari, namun apabila Anda ingin bermain air atau berfoto-foto sebaiknya datang saat pagi, siang, atau sore hari.

Apabila Anda ingin camping, Anda dapat mengunjungi pantai ini saat sore hari saat masih terang. Disarankan untuk tidak camping saat musim hujan.

Fasilitas Pantai Watu Leter

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai cukuplah lengkap, seperti:

  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Mushola
  • Tempat Penginapan

Apabila Anda ingin berkemah, disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri, seperti tenda, sleeping bag, kompor, dll. Untuk lokasi berkemah, sebaiknya Anda memilih area yang terlindungi dari terpaan angin laut.

Ragam Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Watu Leter

1. Bentang Alam yang Masih Asri

Pantai Watu Leter_Asri

Jalurnya yang sempit membuat pantai ini menjadi lebih sepi dan juga tenang dibandingkan dengan Pantai Goa China. Sepinya pengunjung menyebabkan pantai ini sangat bersih. Kebersihan dan juga keasriannya ditunjang dengan pemandangan bebatuan karang yang indah.

Wisatawan yang pertama kali mengunjungi Pantai Watu Leter akan langsung jatuh hati dengan pemandangan yang disuguhkan. Saat Anda pertama kali menginjakkan kaki ke bentangan pasir putih, Anda akan disambut dengan butiran pasir pantai putih yang sangat halus ketika bersentuhan dengan kulit Anda.

Di tepi pantai, Anda juga akan melihat deretan bebatuan karang berlumut yang sangat terlihat jelas ketika air laut sedang surut. Pepohonan hijau dan juga rindang semakin membuat suasana di sekitar pantai menjadi begitu asri. Pantai ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat.

2. Kawasan Habitat Penyu

Penyu

Selain menikmati keindahan pantai yang masih asri, Apabila Anda beruntung Anda juga dapat bertemu penyu. Pantai Watu Leter sering menjadi tempat penyu untuk bertelur, hal ini membuatnya sebagai pusat ekowisata pelestarian habitat penyu.

3. Hutan Bakau yang Eksotis

Daya tarik pantai semakin bertambah dengan pemandangan hutan bakau yang disuguhkan. Pemandangan hutan bakau dan air payaunya ini hanya dapat ditemui di beberapa pantai di Malang. Apabila Anda ingin menikmati pemandangan hutan bakau, Anda dapat menyusuri muara Sungai Sitiarjo dengan perahu.

4. Berkemah

Berkemah

Di sekitar pantai juga memang tersedia penginapan, namun tidak sedikit wisatawan yang memilih untuk berkemah di dekat pentai. Serunya berkemah akan semakin lengkap saat Anda menyaksikan secara langsung keindahan pantai saat sunsrise atau sunset dibalik tenda.

Bagaimana menurut Anda mengenai ulasan Pantai Watu Leter?

Apabila Anda berencana ingin berlibur ke Malang, pastikan Watu Leter menjadi destinasi wisata yang akan Anda kunjungi!

Baca juga: 12 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula

3 Replies to Sepotong Surga di Pantai Watu Leter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *