Objek Wisata Belitung_Feature Image
Destinations

Liburan 3D2N, Ini Objek Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi!

Pembahasan mengenai destinasi wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya. Mulai dari alamnya, budayanya, sampai kulinernya. Pulau Belitung mungkin masih menjadi objek wisata yang belum terlalu populer bagi turis lokal maupun turis mancanegara. Apabila Anda tertarik, tidak ada salahnya untuk berlibur ke Pulau Belitung!

Walaupun tidak sering terdengar seperti Bali, Pulau Belitung menjadi rumah dari banyak pantai-pantai yang indah. Bukan hanya pantai, di Pulau Belitung ada banyak objek wisata lain yang diberkahi dengan keindahan luar biasa. Jangan salah, kulinernya juga nikmat dan menggugah selera, loh!

Bagaimana? Apakah Anda sudah membulatkan tekad untuk berlibur ke Pulau Belitung? Sudah kah siap untuk menjelajah objek wisata di Pulau Belitung? Simak beberapa objek wisata di Pulau Belitung yang patut Anda kunjungi!

Baca juga:

Objek Wisata di Pulau Belitung, Keindahannya Bikin Terpana

1. Pantai Tanjung Kelayang, Objek Wisata yang Sangat Memesona!

Objek Wisata Belitung_Pantai Tanjung Kelayang

Pulau Belitung memang dianugerahi dengan objek wisata yang bisa membuat Anda jatuh cinta. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Kelayang. Ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan selama di Pantai ini, mulai dari berjemur, bermain pasir, hingga snorkeling untuk melihat keindahan alam bawah laut.

Pantai Tanjung Kelayang berlokasi di bagian utara kepulauan Bangka Belitung, tepatnya berada di Kecamatan Sijuk. Berlokasi sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan. Dahulu pantai ini terkenal sebagai kawasan yang terpencil, namun sekarang daerah ini telah berkembang dan menjadi kawasan resort terpadu atau dikenal sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Pantai Tanjung Kelayang amat sering dijadikan sebagai persinggahan untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau-pulau di sekitar Tanjung Kelayang.

Letaknya yang strategis akan memudahkan para wisatawan untuk berjelajah dari satu pulau ke pulau lainnya atau sering disebut dengan island hopping. Panorama dan juga keindahannya yang sangat memesona membuat pantai ini menjadi favorit banyak wisatawan.

Baca juga: Dibuai Keindahan Gua Blue Grotto

2. Pulau Batu Garuda, Objek Wisata Batu Granit di Belitung

Siapa sangka, di Pulau Belitung ternyata mempunyai warisan berupa bebatuan granit yang sudah berumur 65 hingga 200 juta tahun, loh! Bebatuan granit ini membentuk sebuah pulau kecil nan cantik yang disebut Pulau Batu Garuda.

Apabila Anda ingin berkunjung ke sini, Pulau Batu Garuda berlokasi tepat di depan Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung. Anda dapat melihat keindahan panorama Pulau Batu Garuda dari pesisir Pantai Tanjung Kelayang.

Perlu Anda ketahui, pulau ini dinamakan Pulau Batu Garuda sebab jika diperhatikan kumpulan dari batu granit di pulau tersebut menyerupai kepala burung garuda.

Menurut penjelasan ilmiah, batu granit yang ada di pulau tersebut berasal dari magma yang membeku yang bersifat asam. Disebabkan adanya proses tektonik, bebatuan granit tersebut terangkat ke atas permukaan tanah dan akhirnya membentuk tonjolan yang persis dengan kepala burung garuda.

Untuk ke sini, wisatawan dapat menggunakan perahu mesin maupun perahu tradisional yang disewakan oleh penduduk setempat. Perjalanan yang ditempuh untuk menuju Pulau Batu Garuda dari dermaga Pantai Tanjung Kelayang pun tidak lama, yakni sekitar 10 menit. Tarif sewa perahu yang dikenakan mulai dari Rp100.000 hingga Rp400.000.

Keindahan yang diberikan dari Pulau Batu Garuda tidak perlu diragukan lagi, selain bebatuan granit berwujud kepala burung garuda, di sini Anda dapat bermain pasir putih yang eksotis dan juga air laut yang jernih serta ombak yang tidak besar. Sangat cocok untuk Anda yang ingin bermain air!

3. Pulau Lengkuas

Objek Wisata Belitung_Pulau Lengkuas

Selain ada Pulau Batu Garuda, di sekitar Pantai Tanjung Kelayang juga ada Pulau Lengkuas, salah satu destinasi wisata yang menjadi primadona para wisatawan. Lokasinya berada di utara Pantai Tanjung Kelayang.

Dari Pantai Tanjung Kelayang, Anda dapat pergi ke Pantai Lengkuas dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Tersedia perahu yang dapat Anda sewa untuk menuju ke pantai ini.

Adanya mercusuar yang menjulang tinggi menjadi salah satu keunikan dari Pulau Lengkuas. Konon, dahulu menara mercusuar ini dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1882. Sampai sekarang, mercusuar ini masih dimanfaatkan oleh para nelayan setempat sebagai navigasi laut.

Destinasi Wisata Belitung_Pulau Lengkuas

Apabila Anda ingin masuk ke menara mercusuar ini, Anda diwajibkan untuk membersihkan kaki terlebih dahulu karena tempat ini terbuat dari baja. Hal tersebut dilakukan agar bangunan mercusuar tidak mudah berkarat dan juga rusak.

Dari atas menara mercusuar, Anda dapat melihat hamparan pasir putih yang sangat indah dan juga bersih. Tidak hanya itu, Anda juga akan disuguhkan dengan hamparan lautan yang berwarna biru kehijauan.

Tidak hanya dapat menikmati pemandangan dari mercusuar, Anda juga dapat snorkeling di pulau ini. Terumbu karang, ikan-ikan, dan bintang laut akan menyambut siapa saja dan akan membuat Anda terpesona.

Destinasi Wisata Belitung_Snorkeling

Selesai berkeliling dan menikmati pemandangan Pulau Lengkuas, wisatawan dapat mencicipi aneka kuliner makanan laut yang dijual di sekitar pulau. Mencicipi hidangan kuliner yang lezat sambil bersantai dapat menjadi kesenangan tersendiri untuk melepas penat.

Fasilitas yang disediakan di pulau ini cukup lengkap, mukau daru tempat parkir, warung yang menjual makanan dan jug minuman, toko souvenir khas daerah Pulau Belitung, hingga kamar mandi juga tersedia di sini.

Maksimalkan Liburan ke Pulau Belitung dengan Paket Open Trip 3D2N

Meskipun hanya berdurasi 3 hari 2 malam, Anda bisa memaksimalkan liburan singkat Anda dengan mengeksplor berbagai objek wisata di Pulau Belitung. Mulai dari, Pantai Tanjung Kelayang, Wisata Batu Garuda, Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar, Danau Koalin, dan masih banyak lagi.

Menarik, kan? Yuk, segera ikut Open Trip ke Pulau Belitung 3 Hari 2 Malam dan pesan di Trivenly.com sekarang juga!

Baca juga:

One Reply to Liburan 3D2N, Ini Objek Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *