Nonton Piala Dunia 2022, Wajib Cicipi Kuliner Khas Qatar!
Destinations, Foods

Nonton Piala Dunia 2022, Wajib Cicipi Kuliner Khas Qatar!

Piala Dunia 2022 sudah hampir selesai. Sebagai tuan rumah, Qatar memiliki banyak daya tarik yang dapat membuat para wisatawan dari seluruh dunia akan merasa betah. Bukan hanya untuk menonton pertandingan sepak bola saja, namun wisatawan juga berkunjung untuk mencicipi kuliner khas negara Qatar.

Sebagai salah satu negara di Timur Tengah, mungkin Anda bertanya-tanya. Apa sih yang membedakan makanan khas Timur Tengah dengan makanan dari negara lain?

Kuliner Khas Qatar yang Wajib Dicoba

Ciri khas utama dari makanan Timur Tengah ialah bumbu masakannya yang selalu menggunakan rempah-rempah. Di Qatar misalnya, kuliner wilayah ini sering menggunakan banyak rempah-rempah, seperti jintan, kapulaga, cengkih, dan juga jeruk nipis kering.

Tidak hanya bumbu-bumbu dapur di atas. masyarakat Qatar juga menggunakan bahan rempah-rempah lain untuk masakannya, yakni kayu manis, kunyit, saffron, camus, dan juga kurma.

Keunikannya tersebut membuat Qatar menjadi negara yang mempunyai warisan kuliner yang sangat unik dan kaya.

Nah, kira-kira makanan apa saja yang populer di Qatar dan menarik untuk dicicipi saat berlibur ke negara ini? Berikut beberapa deretan kuliner khas Qatar yang wajib dicoba!

Baca juga:

Unik & Lezat, Deretan Kuliner Khas Qatar yang Patut Dicoba!

1. Machboos

Kuliner Khas Qatar yang Wajib Dicoba_Machboos

Machboos merupakan kuliner khas Qatar yang sangat menarik untuk dicicipi dan juga dicoba. Makanan ini memang begitu terkenal lezat karena cita rasanya yang sangat menggugah selera.

Machboos merupakan hidangan khas negara Qatar yang terdiri dari nasi, bawang, tomat, dan juga daging. Daging yang digunakan biasanya adalah daging ayam atau potongan daging domba.

Bumbu rempah-rempahnya yang kuat membuat makanan ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat lezat saat disantap. Rempah-rempah yang digunakan untuk masakan ini, seperti paprika, jahe, bawang putih, dan juga bizar (campuran rempah-rempah).

Beras yang digunakan hidangan ini juga adalah beras khusus, yakni beras basmati. Berasa ini dimasak khusus dengan tambahan kaldu dan juga protein yang berasan dari daging. Warna nasi machboos berwarna merah kecoklatan.

Jika Anda ingin menikmati kuliner khas Qatar yang ini, Anda harus mengeluarkan biaya sedikit banyak sebab makanan ini tergolong mahal. Harga satu porsinya saja bisa mulai dari Rp100.000-an.

2. Harees, Kuliner Bubur Khas Qatar

Makanan Khas Qatar yang Wajib Dicoba_Harees

Harees adalah bubur khas Qatar yang bertekstur kental dan beraroma khas negara Timur Tengah. Rasanya yang gurih dan juga manis membuat banyak orang menyukai makanan ini.

Bubur ini terbuat dari campuran gandum (barley) dan potongan daging ayam ataupun daging domba yang dipadukan dengan aneka rempah-rempah.

Proses masaknya pun cukup lama dan unik, bahan-bahan di atas selanjutnya akan direbus menggunakan wadah dari tanah liat selam empat jam hingga teksturnya menjadi kental. Prosesnya yang lama ini akan membuat seluruh bumbu teresap secara sempurna sehingga akan memiliki cita raza yang lezat.

3. Thareed

Thareed: Makanan Khas Qatar yang Wajib Dicoba

Bukan hanya nasi dan juga gandum, roti adalah salah satu santapan wajib di Qatar. Thareed merupakan makanan yang biasanya disantap dengan tannour atau roti pipih khas Qatar. Ciri khas tannour ialah memiliki taburan biji wijen di atasnya.

Pada dasarnya, thareed adalah hidangan rebusan daging (daging ayam atau domba), rempah-rempah, sayuran, kentang, kacang-kacangan, dan juga worter. Masyarakat mengonsumsi thareed dengan dituangkan ke atas tannour. s

Thareed biasanya disajikan saat acara penting, seperti saat bulan Ramadhan, Idul Fitri, pernikahan, atau acara ulang tahun.

4. Saloona, Kuliner Gulai Pedas Khas Qatar

Saloona: Makanan Qatar yang Wajib Dicoba

Saat berkunjung ke negara Qatar, Anda mungkin mempunyai kesempatan untuk mencicipi hidangan kuliner rumahan yan nampak seperti gulai, yakni saloona.

Negara Qatar memiliki menu yang cukup mirip dengan hidangan gulai khas Indonesia. Saloon sendiri adalah hidangan sejenis sup kaldu yang disajikan dengan daging ayam atau daging domba, wortel, terong, kentang, dan sayur-sayuran lainnya.

Adapun bumbu rempah-rempah yang digunakan adalah kunyit, kayu manis, kapulaga, jahe, bawang putih, dan bawang merah.

Tekstur kuahnya cukup kental dan bercita rasa pedas sehingga sangat pas untuk dimakan dengan nasi.

Baca juga:

5. Umm Ali

Umm Ali: Makanan Khas Qatar yang Wajib Dicoba

Menonton piala dunia memang paling enak ditemani dengan makanan manis atau dessert pencuci mulut, salah satu dessert khas Qatar yang bisa Anda coba ialah umm ali.

Umm ali merupakan makanan pencuci mulut yang memiliki cita rasa manis, creamy, dan juga sangat lembut. Dessert ini terkenal karena rasanya yang gurih dan juga manis. Tidak hanya rasanya yang lezat, aroma hidangan ini juga sangat wangi karena beraroma buah-buahan dan taburang bunga.

Proses pembuatan umm ali mirip seperti membuat pudding roti, bahan-bahannya adalah gula, kayu manis, susu, dan juga kacang. Bahan-bahan tersebut dicampurkan ke dalam roti. Setelah jadi, Anda bisa berikan taburan kacang-kacangan, kurma, dan bubuk kayu manis sebagai topping.

6. Luqaimat

Luqaimat: Makanan Khas Qatar yang Wajib Dicoba

Satu lagi kuliner manis khas Qatar, yaitu luqaimat. Dilihat secara sekilas, makanan ini mungkin mirip seperti donat bulat atau roti goreng.

Luqaiman sendiri adalah jenis makanan penutup khas Qatar yang dibuat dari adonan roti lalu dibentuk bulatan kecil setelah itu digoreng. Ciri khas dari luqaimat ialan hidangan ini disajikan dengan siraman madu atau sirup gula.

Kata “luqaimat” sendiri berasal dari bahasa arab yang bermakna memiliki rasa lembut di dalam dan renyah di luar. Bentuknya yang kecil dan rasanya yang enak akan membuat Anda ketagihan.

Menikmati luqaimat sambil menonton piala dunia bersama keluarga, pasangan, maupun teman-teman pasti akan terasa lebih seru!

7. Balaleet

Balaleet: Hidangan Qatar yang Wajib Dicoba

Balaleet adalah salah satu hidangan khas Qatar yang biasa disantap untuk sarapan. Makanan ini terbuat dari bihun goreng dan biasanya disajikan dengan telur dadar di atasnya.

Cita rasa yang dimiliki balaleet adalah sensasi rasa manis, asin, dan juga gurih. Rasa tersebut diperoleh dari bumbu rempah-rempah yang digunakan, seperti kunyit, kapulaga, air mawar, dan juga saffron.

8. Teh Karak

Teh Karak

Minuman ini biasanya disajikan saat acara pertemuan atau jamuan masyarakat Qatar. Teh karak terbuat dari campuran air, kapulaga, gula, susu, aneka rempah aromatik, dan juga teh yang kemudian direbus dengan api kecil.

Tidak hanya untuk menghangatkan badan, teh ini juga dipercaya dapat membuat badan terasa segar dan membuat rileks.

Itulah beberapa kuliner khas Qatar yang wajib dicoba! Manakah makanan khas Qatar yang paling Anda ingin cicipi terlebih dahulu?

Baca juga:

3 Replies to Nonton Piala Dunia 2022, Wajib Cicipi Kuliner Khas Qatar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *