Destinations

Koeta Toea: Jelajah Miniatur Eropa di Kota Semarang

Siapa yang mau ngerasain suasana minum teh sambil dikelilingi bangunan otentik ala Vienna, Jerman? atau makan pizza dengan suasana Itali yang khas? atau justru nikmatin es krim Turki dengan pesona ala Ankara? Tenang aja, ga perlu jauh-jauh ke eropa buat dapetin itu semua, semuanya ada di Koeta Toea, Semarang!

MENGENAL KOETA TOEA

Sekilas pasti banyak yang salah sangka kalau seandainya “Koeta Toea” yang dimaksud merupakan tempat wisata bersejarah yang ada di daerah Jakarta Barat. Kalau di Jakarta kita mengenal adanya “Kota Tua” tapi kalo yang satu ini kita kenal dengan “Koeta Toea”, tempat wisata baru yang ada di Kota Semarang. Jangan salah lagi ya temen-temen!

Source: google.com

Nah, Koeta Toea ini baru saja dibuka pada tanggal 1 Oktober 2022 lalu dan terletak di pusat Kota Semarang tepatnya di Jalan Brigjen Sudiarto, Pedurungan Lor, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. Belum genap satu bulan saat kawasan ini dibuka dan diresmikan, tapi Koeta Toea sudah mampu menarik perhatian banyak pengunjung. Tidak hanya warga lokal, tetapi juga dari luar daerah Kota Semarang. Dalam waktu yang relatif singkat dengan keunikannya, Koeta Toea menjadi salah satu wilayah yang menjadi destinasi tujuan dari setiap turis lokal yang berkunjung ke Kota Semarang.

“BENUA EROPA” VERSI KOTA SEMARANG

Source : instagram.com

Miniatur Eropa menjadi julukan yang dilontarkan oleh banyak orang saat berkunjung ke Koeta Toea ini. Meskipun namanya miniatur, tapi ini tidak sama dengan beberapa tempat wisata di Indonesia di berbagai daerah yang menampilkan miniature dari icon bangunan sebuah negara, seperti Menara Eiffel dari Prancis, Merlion dari Singapura, ataupun Menara Pisa dari Italia. Bahkan, tidak ada sama sekali miniature-miniatur tersebut di Koeta Toea ini.

“Jadi, kenapa disebut miniature Eropa?”

Source: instagram.com

Nah, lebih dari sekedar miniatur icon atau bangunan yang identic menjadi ciri khas dari suatu negara, Koeta Toea menyajikan suasana eropa melalui desain interior serta kulinernya. Tidak tanggung-tanggung, mulai dari bangunan dengan susunan batu bata yang menyerupai bangunan klasik di London, lampu jalan otentik yang membuatmu merasakan berjalan di sepanjang jalan La Petite Venise di Paris, ornament pohon dengan daun-daun coklat serta bunga-bunga mekar yang ramai di tata di sepanjang jalan di setiap bangunan di Koeta Toea ini membuat kamu merasakan sejuknya musim semi dan musim gugur secara bersamaan, ditambah lagi dengan interior-interior pendukung, seperti meja, kursi, lukisan, jendela, dan berbagai macam hal lainnya yang bakal ngebuat kamu lupa dengan suasana Kota Semarang yang sesungguhnya!

RAGAM KULINER LOKAL SAMPAI INTERNASIONAL

Source : google.com

Tidak hanya sekadar mengandalkan interior bangunan dan suasananya saja, tetapi Koeta Toea juga punya keunggulan lain yang tidak kalah menarik dari wisata-wisata lainnya, yaitu Kuliner! Tidak tanggung-tanggung, ada sekitar kurang lebih 30 tenan food and beverage mulai dari kuliner tradisional khas Indonesia sampai kuliner mancanegara. Semua kuliner ini tersedia di sepanjang Kawasan Koeta Toea ini temen-temen. Untuk Kuliner dengan cita rasa khas Nusantara, Koeta Toea memiliki Nasi Bakar dan Ayam Bakar Nusanatara, Bakso Brengos bandungan, Tahu Gejrot Yudhistira, Soto Ayam Pak Man, Serabi Solo, The Poci Es Teh, Sate Jumbo, sampai ke Raja Bakmie. Untuk Kuliner Mancanegara sendiri terdiri dari berbagai macam jenis dari banyak negara, ga cuma eropa! Mulai dari Es Krim Turki, Takoyaki, Teppanyaki, sampai Sushi dari Jepang, Bong Cha Street Food yang berisi jajanan pasar ala Korea Selatan, Pizza dari Italia, dan masih banyak lagi.

Source: google.com

Tidak hanya kuliner, di Koeta Toea juga dipenuhi dengan oleh-oleh khas Semarang loh! Mulai dari baju, tas, makanan basah, makanan kering, dan masih banyak lagi. Tidak heran kalau Koeta Toea menjadi salah satu tujuan wajib untuk para wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang!

COZY AND INSTAGRAMABLE PLACES

Dua hal penting yang menjadi syarat tempat nongkrongnya anak muda zaman sekarang ialah Cozy dan Instagramable, dan Koeta Toea punya keduanya! Yupss, betul banget, dengan desain interior ala Eropa yang dimiliki menjadikan Koeta Toea memiliki ciri khas tersendiri dan sangat cocok buat kalian yang fotogenic, Koeta Toea juga diciptakan untuk menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai bersama keluarga ataupun teman dan kerabat. Sehingga,  tidak hanya wisatawan, terkadang penduduk lokal juga menjadikan Koeta Toea sebagai salah satu tempat yang bisa dijadikan lokasi untuk menghabiskan waktu di akhir pekan!

Source: google.com

Ditambah lagi, Tidak ada harga tiket masuk bagi kalian yang ingin mengunjungi Koeta Toea ini. Kalian hanya perlu untuk membayar harga parkir yang sama dengan kebanyakan destinasi wisata lainnya!

Nah, Itu tadi sekilas tentang Koeta Toea yang ada di Kota Semarang. Gimana? Udah tertarik buat mengunjungi Kota Semarang? Yuk, Rencanakan Liburanmu ke Kota Semarang bersama Trivenly!

One Reply to Koeta Toea: Jelajah Miniatur Eropa di Kota Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *