Destinations

Hidden Gem Danau Yapi Air Batu Banyuasin

Merasa lelah? Maunya healing terus? Tapi ingin wisata yang murah meriah muntah? Tenang semuanya!! Kamu sedang membaca artikel yang tepat. Danau Yapi Air Batu akan jadi pilihan terbaik bagi warga Palembang, Banyuasin, dan warga manca negara untuk sekedar singgah dan menghabiskan waktu bertamasya.

Kegiatan Outbond sekitar Danau Yapi Dokpri

Mari Mengenal Danau Yapi

Danau Yapi Air Batu adalah danau dengan nuansa warna hijau kebiru-biruan yang memanjakan mata. Danau ini terbentuk akibat adanya aktivitas bekas galian tambang. Artinya tanahnya dikeruk dan danau terbuat dengan sengaja. Tidak hanya berupa bendungan, tetapi juga ada tebing-tebing tinggi dengan hijau pepohonan yang membentang di sepanjang tebing.

Dengan begitu, Danau Yapi ini dapat diakses secara dekat dari bawah, atau dari jarak jauh di atas tebing yang mana jalan menuju ke tebing cukup menanjak tetapi tetap bisa dilalui kendaraan bermotor baik roda 2 ataupun 4. Danau Yapi terletak di wilayah Air Batu KM (Kilo Meter) 20, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Jarak tempuh dari Palembang ke danau ini cukup terjangkau yakni kurang dari 1,5 jam saja.

Bagaimana dengan harga tiket masuknya?

Seperti yang telah di-spill bahwa berwisata ke Danau Yapi sangatlah murah, cukup dengan membawa uang parkir saja sampai 5000 rupiah maka kamu dapat dengan bebas berkelana memandang, menyelam, minum air, swafoto, mendaki, dan lain sebagainya.

Fun Fact Danau Yapi

Fun fact nya adalah Danau Yapi sering dijadikan tempat foto prewedding karena wisata ini tidak hanya berupa danau. Jadi banyak spot foto seperti tebing tinggi nya, atau batu-batuan indahnya, pepohonannya yang rindang, juga bisa di shoot dari atas tanpa perlu menggunakan drone. Photographer akan sangat menyukai tempat estetik ini.

Tidak jarang juga ada orang berpacaran, menghabiskan waktunya di Danau Yapi ini, sambil deep talk asik tuh. Selain itu, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa pun sering berenang di sini. Orang tua juga memanfaatkan danau ini dengan mengambil air danau tersebut sebagai sumber mata air mereka dan masyarakat sekitar. Ada yang dipakai untuk keperluan pribadi, ada juga yang menjualnya. Eh eh apakah air yang diambil bekas mandi/berenangnya para remaja dan anak-anak? Hahaha panik ga tuh?

Jadi ada banyak bendungan-bendungannya ya teman-teman, bukan 1 danau aja. Kalau orang Palembang menyebut bendungan itu sebagai ‘kambang’ jadi ada banyak ‘kambang’ nya. Ada kambang khusus berenang, ada juga kambang untuk mata air. Mengapa begitu? Karena juga mempertimbangkan berbagai aspek seperti pH, atau kedalaman, atau keamanan, dan semacamnya. Anak-anak yang turun berenang juga harus dipantau atau dalam pengawasan orang tua.

Fun fact berikutnya yakni acara televisi bergengsi yang berjudul My Trip My Adventure dengan fokus pada perjalanan dan wisata dan dijadikan film documenter di stasiun televisi Trans Tv, sudah pernah mengunjungi hidden gem ini. Sudah tidak perlu diragukan keindahannya, karena memang acara TV satu ini hanya menyorot sesuatu yang indah dan direkomendasikan.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi akibat keindahannya, apalagi ketika sunrise atau sunset. Dengan duduk di tepi danau dan menyaksikan fenomena alam, akan membuat jiwa kita tenang dan damai.Selain itu, anginnya juga sepoi-sepoi, suasana rindang pepohonan yang amat sejuk. Namun, tetap saja tidak banyak orang tahu tentang wisata ini, itulah mengapa penulis memberi judul hidden gem.

Sejarah Danau Yapi Air Batu

Dalam sejarahnya, Danau Yapi Air Batu ini sudah ada sejak tahun 1988. Hingga saat ini 2022 telah menjadi danau yang besar dan indah akibat aktivitas galian tambang yang terus-menerus dilakukan. Namun dibalik keindahan tersebut, rupanya tempat wisata ini belum dikelola maksimal baik oleh pemerintah daerah setempat ataupun warganya.

Hal ini dikarenakan fasilitas yang ada di danau tersebut sangat minim, hanya danau tok dan keasrian alamnya. Padahal ada tebing yang bisa diberi fasilitas climbing misalnya. Atau adakan satu kolam untuk pemancingan. Bisa juga perbaikan jalan mengakses tempat wisata ini yang tidak rata dan agak curam. Memang sesuatu yang indah ada dibalik perjuangan-perjuangan sulit untuk menggapainya ya, seperti kata pepatah ada pelangi sehabis hujan. Eh eh bahas pelangi nih, kalau di Danau Yapi tentu akan sering menjumpai pelangi ketika hujan mulai usai.

Kegiatan outbond di sekitar Danau Yapi (Dokpri)
Kegiatan outbond sekitar Danau Yapi (Dokpri)

Keunikan Danau Yapi

Tapi dengan adanya kekurangan tersebut, akan membuat perjalananmu menjadi lebih seru dan menantang. Apalagi tujuannya piknik seperti gambar di atas yakni guru-guru SMA Methodist 4 Talang Kelapa bersama siswa-siswinya, yang bukan hanya sekadar piknik melainkan juga mengecek lokasi dan mempersiapkan acara outbond bagi siswa/I se-SMA nya di danau Yapi ini.

Kegiatan outbound di sekitar Danau Yapi (Dokpri)

Tempat wisata ini juga biasa dijadikan tujuan hiking Pramuka, atau outbond Pramuka karena ada lumpur-lumpurannuya juga. Tempatnya luas dan Danau Yapi merupakan danau yang bersih dari sampah tentu akan menjadi pilihan yang tepat sekali dalam mengadakan kegiatan kesiswaan.

Tambahan, untuk akses makanan/jajanan atau kuliner di tempat wisata ini hanya ada di warung-warung di dataran tinggi atau tempat kita melihat Danau Yapi dari atas. Karena kalau di bawah, tidak ada penjual makanan atau aksesoris apapun.

One Reply to Hidden Gem Danau Yapi Air Batu Banyuasin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *