12 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula
Destinations

12 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula

Saat ini, mendaki gunung menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran. Wisata ini juga tergolong cukup murah jika diandingkan dengan berlibur ke luar kota ataupun booking pesawat. Tidak heran kegiatan ini disukai semua kalangan, khususnya anak-anak muda. Nah, bagi Anda yang baru mulai ingin mencoba sensasi mendaki gunung, berikut deretan 12 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula yang wajib kamu ketahui!

Terdapat banyak pilihan gunung di Indonesia, bagi pendaki pemula disarankan untuk berlatih mendaki gunung dengan ketinggian yang lebih rendah terlebih dahulu. Yuk simak sampai habis deretan gunung-gunung untuk pendaki pemula!

Deretan Rekomendasi Gunung yang Aman untuk Pendaki Pemula

1. Gunung Lorokan

Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula - Lorokan

Di sisi selatan Kota Mojokerto terdapat banyak sekali hamparan perbukitan dan gunung yang indah, salah satunya ialah Gunung Lorokan. Gunung ini merupakan sebuah bukit dengan ketinggian 1.100 m di atas permukaan laut. Untuk mendaki gunung yang berlokasi di Desa Sendi, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, ini cukuplah murah. Tarif tiket pendakian hanya sebesar Rp10.000/orang.

Ada dua jalur pendakian menuju puncak Gunung Lorokan, yakni jalur air terjun dan jalur kebun. Apabila sedang musim hujan, Anda tidak disarankan untuk melewati jalur air terjun karena sangat rawan longsor dan juga licin sehingga Anda harus lebih hati-hati. Waktu yang ditempuh untuk mencapai puncak ialah kurang dari 30 menit sehingga sangat cocok untuk pendaki pemula.

2. Gunung Nglanggeran

Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula - Nglanggeran

Pernah dengar istilah gunung purba? Gunung Nglanggeran-lah jawabannya. Ciri khas yang dimiliki gunung ini berupa bebatuan besar yang menjulang sangat tinggi sehingga dapat dilalui sebagai jalur pendakian dan tempat untuk warga yang bertapa.

Dengan ketinggian hanya 700 mdpl, Anda sudah dapat menikmati sunrise dan sunset di puncak Gunung Nglanggeran. Terdapat dua jalur pendakian untuk bisa mencapai puncak, yaitu jalur dari arah Yogyakarta dan jalur dari arah Wonosari. Untuk mencapai puncak hanya menbutuhkan waktu satu jam saja.

3. Gunung Penanggungan

Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula - Penanggungan

Gunung Penanggungan merupakan pilihan yang tepat bagi Anda pendaki pemula yang ingin merasakan sensasi mendaki. Dengan ketinggian hanya 1.653 mdpl, Anda sudah dapat mencapai puncak hanya dalam waktu 3-4 jam. Tidak terlalu lama, bukan?

Gunung ini terletak di perbatasan antara dua kabupaten, yakni Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan. Meskipun gunung ini rendah, Anda harus tetap berhati-hati karena medan jalannya yang cukup curam dan berpasir. Semakin malam semakin dingin dan juga berangin, Anda disarankan untuk membawa sleeping bag dan juga tenda double layer apabila ingin menginap.

Panoramanya yang indah dan  juga memanjakan mata menjadikan gunung ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga maupun teman-teman .

4. Gunung Ijen

Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula - Gunung Ijen

Bagi Anda pecinta alam, pasti sangat tidak asing dengan Gunung Ijen. Gunung yang berlokasi di Kabupaten Banyuwangi ini terkenal dengan blue fire-nya sehingga menjadikannya sebagai destinasi favorit bagi para wisatawan.

Dengan ketinggian 2.386 m di atas permukaan laut, rute pendakian Gunung Ijen bisa dibilang memiliki akses jalan yang mudah. Pemerintah setempat telah menyiapkan akses jalan berupa jalur aspal yang mulus. Untuk mencapai puncak, Anda harus menempuh jarak 3,4 km dengan rata-rata waktu pendakian sekitar 2 jam.

5. Gunung Andong

Terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, gunung ini sangat cocok bagi pendaki pemula yang ingin merasakan sensasi pendakian dengan kondisi alam yang masih asri. Dengan ketinggian tidak mencapai 1.726 mdpl, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar  2 jam saja untuk mencapai puncak.

Jika dibandingkan dengan Gunung yang lain di Jawa Tengah, seperti Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Merapi, Gunung Andong memang tak sepopuler tersebut. Namun, Anda tidak perlu ragu karena Gunung ini cukup populer bagi kalangan pendaki pemula. Anda dapat menikmati sunrise, samudera awan, pemandangan gunung merbabu dan merapi, dan juga Air Terjun Sumuran.

6. Gunung Bromo

Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula - Gunung Bromo

Siapa yang tidak mengetahui gunung ini? Kepopulerannya membuat semua kalangan ingin menikmati pemandangan yang gunung ini tawarkan. Anda tidak perlu menghabiskan tenaga saat menaiki gunung ini karena Anda hanya perlu menyewa mobil jeep. Mobil ini akan mengantarkan Anda menuju semua objek wisata di sekitar Gunung Bromo. Menarik, bukan?

7. Gunung Prau

Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula - Gunung Prau

Popularitas dan label-nya sebagai gunung yang “ramah” untuk pendaki pemula bukanlah tanpa sebuah alasan. Gunung yang terletak di Kabupaten Kendal – Wonosobo, Jawa Tengah, ini ramai dikunjungi oleh pendaki lokal maupun pendaki mancanegara.

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.590 mdpl. Ciri khasnya yakni jalur pendakiannya yang landai dan terlihat santai, namun tetap menguras tenaga. Apabila Anda ingin mendaki gunung ini, disarankan tidak saat musim hujan. Hal ini karena kontur tanah yang licin akan membahayakan Anda.

8. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak

Tidak hanya di pulau Jawa, di Sumatera Utara juga memiliki gunung yang cocok untuk pendaki pemula loh! Lokasi Gunung Sibayak berada di Kabupaten Karo. Untuk menuju kawasan gunung ini, Anda perlu menempuh jarak 60 km dari pusat Kota Medan.

Gunung setinggi 2.904 mdpl ini menawarkan berbagai macam keindahan yang dapat menyejukkan pikiran. Dari puncak Gunung Sibayak, Anda dapat menikmati pemandangan Kota Berastagi, kawah belerang yang eksotis, hingga Anda juga dapat mendengarkan ‘suara gemuruh neraka’. Menurut penelitian, suara gemuruh ini ternyata berasal dari suara angin yang berfrekuensi rendah.

9. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Bukan tanpa alasan memilih gunung ini sebagai gunung yang cocok untuk pemula. Gunung yang terletak di Garut, Jawa Barat, ini mempunya jalur pendakian yang tidak terlalu panjang. Dengan ketinggian 2.665 mdpl, Anda dapat melakukan aktivitas hiking dan juga camping santai di gunung ini.

Tidak hanya jalur pendakian yang pendek, gunung ini juga mempermudah pendaki karena mempunya sumber mata air yang melimpah. Anda tidak perlu takut kehausan saat menaiki gunung ini. Apabila Anda tertarik berkemah di gunung ini, Anda dapat berkemah di Pos Pondok Salada atau Gubber Hood.

10. Gunung Pundak

Gunung Pundak

Anda pemula? Yuk coba mendaki Gunung Pundak! Gunung yang terletak di Mojokerto ini sangatlah indah. Gunung mungil ini memiliki ketinggian 1.585 mdpl dan sangat cocok untuk pemula karena jalur yang cukup bersahabat. Terdapat dua jalur pendakian yang dapat Anda pilih, yaitu jalur Puthuk Siwur dan Tahura.

Selama pendakian Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah, dari awal pendakian saja Anda disambut pemandangan hutan pinus yang rindang yang sangat cocok untuk spot berfoto. Di puncak gunung, Anda dapat melihat Gunung Welirang yang sangat gagah dan memanjakan mata.

11. Gunung Pundu Nence

Punce

Pundu Nence adalah salah satu gunung yang berada di wilayah timur Kota Bima. Tepatnya berada di Desa Lelamase, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima, NTB. Apabila Anda dari Kota Bima maka membutuhkan waktu sekitar 20–30 menit untuk mencapai desa Lelamase. Gunung ini berketinggian 1.050 mdpl dan merupakan puncak tertinggi di Kota Bima. Ketinggiannya yang rendah inilah yang membuatnya menjadi gunung favorit bagi para pendaki lokal.

12. Gunung Pulosari

Pulosari

Di Kabupaten Pandeglang, Banten, terdapat sebuah gunung dengan ketinggian 1.346 mdpl. Gunung yang akrab disebut “Gunung Pulosari” ini merupakan gunung berapi yang mempunyai banyak misteri. Hal ini karena di sekitar gunung, Anda dapat menemukan banyak arca dan juga situs-situs kuno.

Untuk menuju ke basecamp Gunung Pulosari, Ada dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Harga tiket masuk pun terbilang murah, Anda hanya harus membayar Rp10.000/orang. Tidak perlu takut kehausan, di gunung ini terdapat air terjun bernama Curug Putri yang mempunyai air berlimpah.

Itulah beberapa deretan gunung yang cocok untuk pendaki pemula versi Trivenly. Meskipun gunung-gunung tersebut terbilang mudah, Anda tidak boleh menyepelekannya. Diperlukan persiapan fisik dan juga mental yang matang bagi Anda pendaki pemula.

Berikut beberapa tips yang diperhatikan sebelum Anda ingin mendaki gunung:

  1. Kumpulkan niat dan tekat yang kuat
  2. Tentukan lokasi gunung dan pelajari jalur pendakiannya
  3. Ajak teman, jangan mendaki sendiri!
  4. Siapkan mental dan fisik sebelum melakukan pendakian
  5. Cek cuaca, jangan mendaki saat musim hujan
  6. Persiapkan peralatan dan juga perlengkapan dengan teliti
  7. Meminta doa restu kepada orang tua sebelum mendaki

Baca juga: Pengertian ‘open trip‘ dan tips aman sebelum mengikutinya

5 Replies to 12 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *