destinasi wisata dekat Jakarta
Destinations

Destinasi Wisata Dekat Jakarta, Cocok untuk Akhir Pekan

Sobat Trivenly, siapa nih yang tinggal di Jakarta coba angkat tangan hehe? Sebagai salah satu kota “tersibuk di Indonesia, membuat kota yang satu ini terkenal dengan kehidupan yang padat sehingga tak jarang banyak yang tidak sempat untuk liburan ke tempat yang jauh. Namun, di balik hiruk-pikuk kota besar ini, terdapat banyak destinasi wisata dekat Jakarta yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan. Destinasi-destinasi ini menawarkan pemandangan alam yang menyejukkan, aktivitas seru, dan suasana yang tenang, memberikan kesempatan untuk melepas penat sejenak dari rutinitas sehari-hari.

1. Kepulauan Seribu

destinasi wisata dekat Jakarta

Photo by Pieter Janaldo on Unsplash

Kepulauan Seribu adalah salah satu destinasi wisata dekat Jakarta yang paling populer. Terletak hanya beberapa jam perjalanan dengan kapal dari pantai utara Jakarta, kepulauan ini menawarkan berbagai pulau cantik yang siap dijelajahi. Anda bisa snorkeling, diving, atau sekadar bersantai di pantai berpasir putih. Pulau-pulau seperti Pulau Pramuka, Pulau Tidung, dan Pulau Macan menawarkan pengalaman berbeda dan unik yang pastinya memanjakan mata dan pikiran.

2. Puncak, Bogor

destinasi wisata dekat Jakarta

Photo by Alvian Hasby on Unsplash

Salah satu kawasan Bogor yang menjadi destinasi wisata yang sering menjadi pilihan warga Jakarta untuk berakhir pekan adalah kawasan Puncak. Udara sejuk pegunungan dan pemandangan hijau perkebunan teh menjadi daya tarik utama kawasan ini. Anda bisa mengunjungi Taman Safari Indonesia untuk melihat berbagai satwa, atau berjalan-jalan di Kebun Raya Cibodas yang menawarkan keindahan taman yang menakjubkan. Jangan lupa juga untuk mencoba makanan khas Puncak, seperti jagung bakar dan sate kelinci. Beberapa aktivitas seru yang telah disebutkan tadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai referensi aktivitas untuk mengisi waktu luang bersama keluarga di akhir pekan.

3. Sentul, Bogor

destinasi wisata dekat Jakarta

Source: Tripadvisor

Masih di sekitar Bogor, namun kali ini kita berpindah ke kawasan Sentul yang populer sebagai destinasi wisata dekat Jakarta. Tempat ini menawarkan berbagai aktivitas outdoor seperti trekking di Gunung Pancar, bermain di JungleLand Adventure Theme Park, atau bersantai di Taman Budaya Sentul. Sentul juga memiliki banyak restoran dengan pemandangan alam yang menakjubkan, cocok untuk bersantap sambil menikmati suasana alam.

Baca juga: Staycation di Jakarta: Hotel Instagramable yang Wajib Dicoba

4. Bandung

destinasi wisata dekat Jakarta

Source: Tripadvisor

Dengan berbagai destinasi wisata alam dan kulinernya, Bandung juga merupakan pilihan tepat untuk berakhir pekan. Dengan adanya sarana transportasi pendukung seperti kereta cepat Whoosh, kawasan Bandung menjadi mudah untuk dicapai. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi adalah Lembang, yang terkenal dengan Farmhouse Susu Lembang, Floating Market, dan De’ Ranch. Di pusat kota Bandung, Anda bisa mengunjungi Gedung Sate, Jalan Braga, dan menikmati berbagai makanan enak di tempat-tempat makan yang legendaris. Bandung juga menawarkan banyak kafe instagramable yang cocok untuk bersantai sambil menikmati secangkir kopi.

5. Anyer dan Carita

Photo by Gita Febriana on Unsplash

Bagi yang mencari pantai sebagai destinasi wisata dekat Jakarta, Anyer dan Carita adalah pilihan yang tepat. Terletak di pesisir barat Banten, pantai-pantai ini menawarkan pasir putih dan air laut yang jernih. Anda bisa menikmati berbagai aktivitas air seperti banana boat, jet ski, atau sekadar berenang dan bermain pasir di tepi pantai. Anyer dan Carita juga terkenal dengan pemandangan sunset yang indah, menjadikannya tempat sempurna untuk mengakhiri hari dengan pemandangan matahari terbenam yang memukau.

6. Sukabumi

Photo by Ruben Sukatendel on Unsplash

Meski sedikit lebih jauh, namun Sukabumi menawarkan berbagai destinasi wisata alam yang luar biasa. Anda bisa mengunjungi Situ Gunung, sebuah danau yang indah dengan jembatan gantung yang spektakuler. Selain itu, curug-curug (air terjun) seperti Curug Sawer dan Curug Cikaso menawarkan pemandangan yang memukau dan menyegarkan. Bagi yang menyukai tantangan, rafting di Sungai Citarik juga merupakan aktivitas yang seru dan menegangkan.

Kesimpulan

Menghabiskan akhir pekan di destinasi wisata dekat Jakarta adalah cara yang sempurna untuk melepas penat dan menikmati waktu bersama keluarga atau teman-teman. Dari pantai hingga pegunungan, setiap tempat menawarkan keunikan dan keindahannya sendiri. Jadi, segera rencanakan liburan akhir pekan Anda dan kunjungi salah satu dari destinasi wisata dekat Jakarta ini untuk pengalaman yang tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *