Air Terjun Tumpak Sewu: Niagara Termegah di Indonesia
Destinations

Air Terjun Tumpak Sewu: Niagara Termegah di Indonesia

Jawa Timur dikenal memiliki banyak tempat wisata yang terkenal dikalangan wisatawan. Salah satunya adalah Air Terjun Tumpak Sewu yang sering disebut sebagai Niagara termegah di Indonesia. Sebutan “Niagara” bukanlah tanpa alasan, kemegahan air terjun ini dianggap mirip dengan Air Terjun Niagara yang ada di perbatasan Amerika Serikat.

Air Terjun Tumpak Sewu yang berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan latar belakang Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Tidak heran air terjun ini menjadi salah satu wisata andalan di Lumajang, perpaduan yang indah antara air terjun dan gunung menciptakan daya tarik yang sangat memikat. Pada artikel ini, Trivenly akan membahas seputar Air Terjun Tumpak Sewu. Simak baik-baik ya!

Air Terjun Termegah di Indonesia

Air Terjun Tumpak Sewu: Niagara Termegah di Indonesia

Dengan ketinggiannya sekitar 120 meter ini, tumpak sewu mempunyai formasi yang unik. Aliran air-nya membentuk formasi melebar dan seperti tirai. Tidak hanya itu, aliran airnya juga membentuk melingkar seperti Air Terjun Niagara di Amerika Serikat. Nama “Tumpak Sewu” sendiri berarti air terjun yang bertumpuk-tumpuk hingga seribu. Untuk sumber mata airnya, air terjun ini bersumber dari mata air Gunung Semeru.

Keindahan panoramanya dan juga sejuknya suasana di sekitar air terjun ini membuatnya sangat indah dan tak terlupakan. Apabila Anda sedang suntuk dengan suasana perkotaan maka keindahan dan juga ketenangan akan didapat di tempat ini. Pemandangan yang hijau dan menyegarkan mata menyumbangkan suasana tenang kepada pengunjung.

Harga Tiket Masuk, Tarif Parkir, dan Jam Operasional

Air Terjun Tumpak Sewu: Niagara Termegah di Indonesia

Air terjun yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang ini buka setiap hari. Mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB untuk spot panorama atas. Apabila wisatawan ingin turun ke bawah, jam bukanya mulai dari pukul 07.00 sampai 15.00 WIB.

Bagi Anda yang ingin berkunjung, Anda harus menyiapkan uang untuk tiket masuk. Biaya tiket yang dikeluarkan tidaklah mahal, Anda hanya perlu membayar Rp10.000/orang. Untuk biaya parkir, tarif parkir mobil dan motor berbeda. Jika Anda membawa mobil, tarif yang dikenakan senilai Rp10.000, sedangkan tarif parkir motor sebesar Rp5.000.

Fasilitas

Air Terjun Tumpak Sewu: Niagara Termegah di Indonesia

Untuk fasilitas yang ditawarkan, destinasi wisata ini menyediakan beberapa fasilitas untuk wisatawan, seperti:

  • Area untuk camping
  • Warung makan
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Toilet umum
  • Pusat Informasi
  • Pusat logistik

Rute Menuju ke Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Tangga Bambu

Untuk mencapai destinasi wisata ini, Anda bisa melewati Kota Malang-Dampit-Tirtomoyo-Pronojiwo-dan Perbatasan Lumajang Malang. Jarak tempuh dari pusat Kabupaten Lumajang adalah sekitar 53 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Apabila Anda dari Kota Malang maka jaraknya adalah sekitar 70 km atau sekitar 2 jam berkendara. Dari pintu masuk, Anda harus berjalan lagi menyelusuri sungai juga bebatuan selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

Selama perjalanan, Anda akan berhadapan dengan arus sungai, licinnya bebatuan, tumpukan lumpur, berdiri di atas batang-batang bambu, hingga menyelusuri celah-celah tebing. Perlu ekstra sabar dan ekstra tenaga untuk bisa sampai ke air terjun ini. Apabila Anda tidak terbiasa dengan kegiatan adrenalin seperti ini maka siap-siap jantung Anda akan berdegub kencang dan lutut Anda akan dibuat lemas.

Tidak perlu khawatir, jalur untuk menuju air terjun ini sudah dimodifikasi dengan aman. Pihak pengelola wisata ini telah menyediakan sejumlah tali pengaman, jembatan bambu, juga pegangan kayu. Untuk menuruni tebing, Anda akan menempuh waktu sekitar 40 menit sampai 1,5 jam. Mungkin bisa lebih cepat atau lebih lama, tergantung diri Anda lagi.

Apabila Anda sudah sampai di bawah, kelelahan dan juga keletihan Anda akan terbayar dengan kemegahan Air Terjun Tumpak Sewu. Apalagi jika tangan sudah menyentuh segarnya air dari air terjun ini.

Beberapa Tips Sebelum Mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu

Panorama

Sebelum Anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Berikut adalah beberapa tips sebelum mengunjungi air terjuni ini:

  1. Siapkan mental dan fisik yang cukup prima
  2. Hindari berkunjung saat sore hari, berkunjunglah saat pagi hari
  3. Sebaiknya jangan berkunjung saat musim hujan
  4. Pakailah sandal/sepatu yang anti licin
  5. Bawalah air minum yang cukup
  6. Bawalah uang tunai untuk membayar parkir dan tiket masuk
  7. Jika Anda berniat ingin menikmati air terjun dari dekat, bawalah baju ganti sebab Anda akan basah kuyup saat berada di dekat air terjun
  8. Jagalah sikap saat sedang berkunjung, jangan merusak apapun yang ada di tempat wisata Tumpak Sewu
  9. Jangan buah sampah sembarang
  10. Apabila Anda ingin melihat pelangi, Anda bisa datang sekitar pukul 11 siang
  11. Hati-hatilah di mana pun Anda berada, terutama saat dengan menuruni tebing, mengeksplor air terjun, juga saat menyusuri sungai.

Itulah pembahasan seputar Air Terjun Tumpak Sewu, menarik bukan?

Baca juga: 12 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula

Apabila Anda mengunjungi Jawa Timur, jangan lupa masukkan Air Terjun Tumpak Sewu ini ke dalam daftar destinasi wisatamu. Anda dapat mengunjungi air terjun ini bersama teman-teman maupun keluarga. Keindahan alam yang ditawarkan air terjun ini adalah sebuah anugerah yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Jadi, kapan Anda mau mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu yang megah ini?

Baca juga: Sepotong Surga di Pantai Watu Leter

One Reply to Air Terjun Tumpak Sewu: Niagara Termegah di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *